BIJAK ONLINE (Padang Pariaman) Rustam, SE, MM terpilih sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Padang Pariaman, periode 2016-2021, dalam acara Musda IV Dekopinda Padang Pariaman, Rabu, (14/12/2016) di Pondok Indah Kota Pariaman.

Rustam berhasil mengalah rivalnya Endarmy yang memperoleh 10 suara. Sedangkan Rustam berhasil mengantongi 19 suara. Kemudian Afrizal, SE dapat 2 suara, berikutnya Yulidarmen 1 suara dan Drs. Amiruddin Tk, Majolelo, MA juga 1 suara.

Dalam sambutannya, Rustam yang sekarang sedang menjabat Kadis Koperindag, Energi dan SDM Padang Pariaman itu, berjanji akan membawa Dekopinda Padang Pariaman kepada yang lebih baik dengan semangat perubahan dan pembaharuan.

“Insha Allah, kalau kita bersama dan beriya-iya dengan membawa semangat koperasi yaitu kebersamaan,  jelas seberat apa pun beban bisa kita selesaikan,” ujar Rustam dengan penuh semangat.
Dikatakan, sesuai Undang-Undang No. 25/1992 dalam Pasal 57 ayat 1 Dekopinda, pembawa aspirasi gerakan koperasi yang berfungsi memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi gerakan koperasi. Kemudian meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat dan melakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat serta memfasilitasi pengembangan kerjasama antar koperasi dengan pelaku Badan Usaha lain.

Lebih jauh disampaikan Rustam, sebagai ketua yang diberikan amanah dan kepercayaan jelas tidak akan sendiri dan akan didampingi oleh bidang-bidang serta majelis pakar, termasuk penasehat dan pembina, kalau dengan kebersamaan serta membawa semangat kebersamaan, kan sudah ada istilahnya, “barek samo dipikua ringan samo dijinjiang, saketek samodicacah, kalau gadang samo dionggok,” tukas Rustam secara diplomasi.

Sementara itu Endarmy, dalam sambutannya, mengatakan secara ikhlas menyerahkan tongkat estapet Dekopinda kepada Rustam, dengan harapan akan dapat membawa Dekopinda kepada yang lebih baik dan sukses pada masa mendatang.

“Walau pun saya tidak menjadi Ketua Dekopinda Padang Pariaman, jiwa dan raganya selalu akan ikut membesarkan Dekopinda Padang Pariaman, kedepan,” ujar Endarmy dengan wajah cerianya.

Pada kesempatan Endarmy, juga menyampaikan terima kasih dan ucapan maaf kepada seluruh gerakan koperasi dan jajaran Pengurus Dekopinda Padang Pariaman serta Panitia Musda yang telah bersama-sama di Dekopinda selama lebih kurang 6 tahun, termasuk kepada jajaran Dinas Koperindag, Energi dan SDM Padang Pariaman.

“Sebagai  manusia pasti ada salahnya, karena tidak ada manusia yang dilahirkan sempurna. Kalau ada manusia yang mengaku selalu benar dan mengaku selalu pintar, berarti itu manusia sombong dan saya tidak mau dicap dengan manusia sombong,” tukuk Endarmy.

Hadir Ikut memberikan sambutan dalam pembukaan Musda itu, Asisten II Pemda Padang Pariaman Ir, Ali Amran, MP, Aidil Ikhsan dan Zulfadhli M dari Dekopinwil Sumatera Barat. Jumlah peserta Musda 35 orang dan yang ikut memberikan suara hanya 33 orang (amir)