BIJAK NOLNE (Kota Pariaman)—Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBD) Desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Anngaran Tahun 2017 telah disahkan, dalam Sidang Paripurna, Badan Pembanguan Desa (BPD), Kamis (8/12/2016).

Pengesahan itu  melalui sidang Badan Pembangunan Desa  (BPD) telah mengambil keputusan dan menandatangani nota kesepatan tentang penetapan APBDes Batang Kabung Tahun 2017. Penetapan tersebut merupakan yang pertama tercepat dalam menetapkan APBDes se-Kota Pariaman.

Camat Pariaman Timur Hendri, S.Sos, menyampaikanApresiasi kepada Kepala Desa Batang Kabung yang telah menetapkan APBDes tercepat, dan berharap apa yang dituangkan dalam APBDes ini, benar benar cerminan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Batang Kabung, sehingga dana desa yngg relatif besar tersebut dapat memberikan manfaat sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pelayanan publik. 

Menurut Hendri  APBDes supaya dapat secepatnya disampaikan ke Pemerintah Kecamatan untuk diteruskan ke Wali Kota untuk mendapat pengesahan. Sidang penetapan APBDes berlangsung di Kantor Desa Batang Kabung dihadiri kepala Inspetorat Kota Pariaman, Drs. Lukman Syam bersama tim asistensi, Camat Pariaman Timur Hendri, S.Sos, Kepala Desa Wakil Ketua dan seluruh Anggota BPD Desa Batang Kabung dan Ketua PKK Desa serta masyarakat Desa Batang Kabung

APBDes merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan derap langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa ke depan. Apabila APBDes telah ditetapkan pemerintah desa di awal awal tahun, desa telah dapat melakukan persiapan lebih awal untuk pelaksanaan program pembangunan desa. 

Selama ini APBDes biasanya ditetapkan dipertengahan tahun,  berakibat desa kekurangan waktu pelaksanaan pembangunan, mengingat sekarang ini dana desa cukup besar maka perlu ketersedian waktu cukup untuk mengeksekusi kegiatan  direncanakan bersama masyarakat tersebut. 

Kades Batang Kabung Kamili, SH mengatakan  dengan dasar pemikiran tersebut kami bersama BPD bertekad utk menetapkan APBDes lebih awal, dan juga kami ditunjuk sebagai desa perwakilan dari program pembinaan pengelolaan administrasi desa  di gagas Inspetorat Kota Pariaman.(j/amir)