Tampak Bupati Solok membubuhkan tanda tangan, bahwa program Maghrib Mengaji dan Subuh Berjama’ah dilounching, bertempat di Islamic Center Koto Baru, Jum’at (30/12) lalu

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Jum’at subuh (30/12), melaunching program Maghrib Mengaji dan Subuh Berjamaah, bertempat di Masjid Agusng Islamic Center Koto Baru, kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Selain itu, Bupati juga melakukan lounching Gerakan 1000 Al Qur’an untuk nagari Koto Baru, dimana nagari ini akan bertindak sebagai pelopor Gerakan  1000 Al Qur’an. Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala kantor kemenag, H. Kardinal, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, Kepala Kantor DPPKA Kabupaten Solok, Muhammad Djoni, Kepala BPM, Medison, Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan, Raflis, Kadis Perhubungan, Dedi Permana, Camat kubung, Ferry Hendria, Wali nagari Koto Baru, Afrizal dan seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemda Kabupaten Solok dan masyarakat jemaah Salat subuh  yang hadir.

Dalam sambutannya, Bupati Solok H. Gusmal menyampiakan bahwa seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kegiatan anak-anak mulai mengalami pergeseran dari surau, mushala bergeser ke ruang ruang kelurga dengan menonton televisi. Sehingga banyak yang sudah tidak lagi belajar Al Qur’an dan terlena oleh kemajuan technology.

“Dengan adanya program maghrib mengaji dan subuh berjama’ah ini, kita harapkan masyarakat Kabupaten Solok akan kembali belajar dan membiasakan membaca Al Qur’an, sebagaimana yang dilakukan oleh orang tua-tua kita dulu. Kita boleh belajar wrnet, namun kita tidak boleh lalai dalam belajar Agama kita,” jelas H. Gusmal. Bupati menghimbau masyarakat dan pemerintahan nagari serta para niniek mamak, untuk mengembalikan tradisi-tradisi lama yang sudah mulai tergerus.

Untuk itu, dengan program magrib Al-Qur’an dan subuh berjamaah dengan menghidupkan kembali tradisi mentadaruskan Al-Qur’an setiap selesai sholat magrib. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam acara ini, semoga kegiatan ini menjadi langlah awal kebangkitan Islam di Kabupaten Solok. Dan kepada KepalaSKPD, kantor Kementrian Agama, Pimpinan Ormas Islam, walinagari, pegawai, guru, tokoh agama, dan adat kami harapkan untuk mendukung gerakan ini dengan sebaik-baiknya dan jadilah tauladan di tengah-tengah masyarakat,” ajak H. Gusmal.

Sementara kepada Pemerintahan nagari Koto Baru, Bupati mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi atas launching gerakan 1000 Al-Qur’an, semoga gerakan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk kembali membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga Program 1000 Al-Qur’an ini juga dapat menjadi inspirasi bagi nagari-nagari  lain di Kab Solok yang belum mencanangkannya,” himbau Bupati (wandy)

google+

linkedin