BIJAK ONLINE (Padang)-Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ekasakti (FKIP UNES) berhasil meraih Akreditasi “B” setelah dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan BAN PT No. SK 2783/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga November 2021.

Hal ini diungkapkan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ekasakti Padang, Eva Fitrianti, S.S., M.Pd  di ruang kerjanya Kamis  (2/2) kemarin Jl. Veteran Dalam No. 26 Padang.

Eva mengatakan persiapan akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mulai dengan persiapan visitasi sampai pengiriman borang ke BAN-PT Dekan FKIP Universitas Ekasakti Padang Almarhummah Hj. Erawati Toelis, Sekretaris, Ketua Prodi, Dosen dan mahasiswa, serta alumni telah berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi segala persyaratan guna meraih nilai tinggi, dalam penilaian yang dilakukan oleh Tim Asesor berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta DR. Mulyana M.Hum, Universitas Heleuleo Kota Palu Sulawesi Tengah DR. Aris Badara, M.Hum

Kemudian Eva menyebutkan untuk memperoleh akreditasi “B” tersebut ada 7 (tujuh) standar yang harus dipenuhi masing-masing Visi dan Misi, Sistem Pengelolaan, Mahasiswa dan Lulusan, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Hasil penilaian akreditasi “B”, merupakan hasil kerja keras Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ekasakti Padang Almarhummah Hj. Erawati Toelis, Sekretaris, Ketua Prodi, Dosen dan Alumni serta mahasiswa FKIP UNES. Kita akan berusaha dan bekerja keras lagi untuk meraih Akreditasi “A”, dan menjaga  pembelajaran  yang berlangsung saat ini  secara berkelanjutan, tambah Eva

Dengan akreditasi “B’ akan kita tingkatkan menjadi Akreditasi “A” sehingga mudah mendapatkan dana hibah, dana penelitian dan dana pengabdian kepada masyarakat serta memudahkan lulusan memperoleh pekerjaan baik guru maupun nonguru. Insya Allah Akreditasi “B” ini sebagai dasar untuk memperoleh Akreditasi “A”  tahun berikutnya. Kita optimis bisa meraih Akreditasi “A’ tentu tidak terlepas dari dukungan Pimpinan Fakultas, kalangan internal, peranan alumni, mahasiswa dan pimpinan Universitas Ekasakti Padang, ujar Eva

Akreditasi yang diperoleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini akan dapat memberikan konstribusi kepada Akreditasi Institusi, kata Eva. Kepada Civitas Akademika Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menjaga Akreditasi yang telah diperoleh. Kepada Dosen diharapkan untuk dapat meningkatkan jumlah penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tata Usaha meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk lebih giat lagi belajar.

Eva menyebutkan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia unggul dalam menghasilkan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang profesional di wilayah Sumatera tahun 2025, sasarannya peningkatan mutu lulusan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama serta melibatkan pimpinan lembaga, dosen, karyawan, mahasiswa dan pengguna lulusan.

Sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif antara lain berupa ruang pengelola, ruang kuliah, ruang dosen, ruang ujian skripsi, perpusatakaan, laboratorium micro teahcing dan laboratorium komputer terpadu (ICT). Selain itu kata Eva  kita punya beberapa hardware untuk proses pembelajaran. Universitas menggunakan sistem SIADAK untuk administrasi mahasiswa dan dosen secara online, dan milling list, website, blog, twitter. Kita telah melakukan kerjasama dalam dan luar negeri sesuai dengan kompetensi Prodi, Ujar Eva

Menurut Eva, akreditasi prodi sangat penting dan menentukan masa depan mahasiswa itu sendiri. Universitas Ekasakti Padang selalu memprioritaskan kebutuhan apa saja dibutuhkan FKIP, buktinya melengkapi laboratorium, ruang kuliah, ruang pertemuan dosen, sarana dan prasarana lainnya. FKIP Universitas Ekasakti Padang mempunyai 4 prodi yaitu Prodi Pendiidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Ekonomi semuanya sudah terakreditasi “B” kecuali Prodi Matematika dalam proses visitasi.  Insya Allah tahun 2017 ini semua Program Studi di FKIP UNES  bisa meraih akreditasi “A”  tambah Eva. (KA HUMAS H. SYARFIFUDDIN, S.E., M.Hum)

google+

linkedin