BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, minta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, untuk mengucurkan anggaran, guna pembenahan main Stadion di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung tahun 2017 ini. Sehingga, stadion dengan luas 50 hektar itu, dapat difungsikan untuk pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar tahun 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan Ali Mukhni, saat meninjau lokasi main stadium itu kemarin.  Progres pembangunan main stadion ini, Alhamdulillah berjalan cepat sejak dua tahun 2014. Sebab Pemprov Sumbar selalu menyediakan anggaran setiap tahunnya, ” ujar Ali Mukhni didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman, Jon Kenedy. 

Dikatakan, kita  sangat berharap Pemprov Sumbar bersedia menggarkan kelanjutan pembangunan main stadion itu lebih besar tahun 2017 ini. Sehingga, keinginan pelaksanaan  Porprov Sumbar di stadion terbesar di Sumbar itu, dapat terwujud.

“Stadion ini nantinya menjadi kebanggaan Sumbar tentunya. Untuk itu, kami sangat berharap agar Pemprov Sumbar melanjutkan pembangunannya tahun ini, sehingga Pemkab Padangpariaman yang diamanakan untuk Porprov Sumbar mendatang, dapat menggunakan stadion tersebut” katanya.

Apabila harapan pihaknya disikapi oleh Pemprov Sumbar, Ali Mukhni menjamin turut mendukung penuh dengan mengejar pembangunan fasilitas jalan menuju main stadion tersebut. “Meskipun tidak tuntas dikerjakan 100 persen. Setidaknya sudah bisa digunakan untuk pembukaan Porprov saja kami sudah sangat senang,” katanya.

Selain telah mendiskusikan kelanjutan pembangunan main stadion itu dengan Gubernur Sumbar, Ali Mukhni juga mengajak beberapa tokoh Sumbar asal Padangpariaman, agar turut serta berdiskusi dengan Pemprov Sumbar terkait lanjutan pembangunan main stadion tersebut.

“Untuk melanjutkan main stadion ini, kami juga mengajak tokoh-tokoh kita seperti saudara Sukri Umar dan Bapak Cici untuk dapat memohon kepada Bapak Gubernur. Semoga Bapak Gubernur mewujudkan harapan kita ini,” kata Ali Mukhni usai berdialog dengan Sukri Umar di lokasi pembangunan main stadion itu.

Menambahkan, Kepala Dinas Parpora Padangpariaman, Jon Kenedy mengatakan, bahwa pihaknya sudah meninjau 35 tempat pertandingan yang akan digunakan untuk Porprov Sumbar ke-XV di Padangpariaman. Katanya, kemungkinan bersar seluruh arena itu akan dibenahi secara besar-besaran.

“Survei tehadap 35 lokasi pertandingan telah kami lakukan bersama Dinas PUPR dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padangpariaman. Jadi apa saja yang akan dibenahi dari arena sudah kami catat. Perkiraan kami, pembenahan tempat pertandingan itu menyerap dana sekitar Rp 11 miliar nantinya,” ujarnya. (hms/amir)

google+

linkedin