BIJAK ONLINE (Pasaman)-Camat Lubuk Sikaping, Mardianto akan membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-46 Nagari Pauah antar jorong, Sabtu, 4 Maret 2017, di Masjid Taqwa Taluak Ambun, Lubuk Sikaping.  

"MTQ ke-46 Nagari Pauah antar jorong akan dibuka pak camat," kata  Raymon Andesta Walinagari Pauah di dampingi Sekretarisnya Jufrial, di Lubuksikaping, Kamis, 2 Maret 2017.

Lomba MTQ, kata Raymon, rencananya akan di ikuti sebanyak 78 qori dan qoriah yang berasal dari tiga kejorongan di daerah itu. Masing-masing kejorongan akan berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Menurut Raymon, MTQ ini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menyemarakkan siar ditengah tengah masyarakat juga dalam rangka mencari bibit-bibit kafilah dari tingkat ke Jorongan.

Selain itu, MTQ ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah sesuai dengan visi misi Pemkab Pasaman yakni menciptakan masyarakat pasaman yang sejahtera agamis dan berbudaya.

Sementara itu, panitia kegiatan MTQ sekaligus Da'I Nagari Pauah, Wesneli S menyebutkan, MTQ yang dilombakan nanti sebanyak tiga cabang yakni, Tilawah yang terdiri (Tilawah anak-anak, tilawah remaja, dan tilawah dewasa).

Selanjutnya, Tartil terdiri dari Tartil dasar, tartil menengah, dan tartil umum. Kemudian Tahfis 1 juz (tilawah, dan 1 Juz non tilawah).

Kata Wesnelli, dalam lomba MTQ nanti, masing masing kejorongan mengutus 26 qari/qariah. Dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 78 qori dan qoriah.

"Untuk dewan Juri/dewan hakim kita datangkan dari dewan hakim Kabupaten, dan MC dari remaja Masjid Nagari Pauah," katanya.

Ketua Bamus Nagari Pauah, Hendry KH Rajo mengharapkan, lomba MTQ Nagari Pauah tingkat kejorongan ini kedepan diharapkan lebih berkesinambungan, sehingga bisa melahirkan quri/qariah yang mampu bersaing baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Disamping itu, Hendry juga berharap pemerintah lebih meningkatkan pembinaan terutama dalam bidang keagamaan ini. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Pemkab Pasaman yakni menjadikan masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Pauah, Jafrial menambahkan, MTQ Nagari Pauah tingkat kejorongan ini juga merupakan salah satu persiapan untuk mengikuti MTQ tingkat Kecamatan yang akan dilaksanakan rencananya bulan April 2017 di Nagari Sundatar Kecamatan Lubuksikaping.

Dalam lomba MTQ nanti, panitia dan pihak nagari telah menyiapkan hadiah bagi juara I, II, dan III yakni berupa tropy, sertifikat dan uang pembinaan sesuai dengan kemampuan keuangan nagari. (Fauzan)

google+

linkedin