BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)---Rapat Kerja (Raker) pertama Pengurus Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Padang Pariaman  yang dikomandoi Rustam, SE, MM, Kamis (2/3/2017) di ruangan pertemuan KPN Padang Pariaman, menyapakati  akan melakukan Audience dengan Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali  Mukhni . 

Selain itu juga diputuskan rencana pelantikan pengurus Dekopinda Padang Pariaman, oleh Ketua Dekopinwil Sumatera Barat, Ir. Hendra Irwan Rahim, MM Kamis (16/3/2017)  di Kantor Ibu Kota Kabupaten Padang Pariaman, Paritmalintang. 

“Muda-mudahan rencana ini mendapat persetujuan dari Ketua Dekopinwil dan Bupati Padang Pariaman,” tukuk  Wakil Ketua A frizal.

Pelantikan ini diharapkan  dapat dihadiri oleh Gerakan Koperasi  se Kabupaten Padang Pariaman, disamping itu  juga akan diundang seluruh kepala OPD dan Forkopinda Padang Pariaman, serta undangan lainnya.

Menurut Rustma, sesuai dengan UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Bab XI Pasal 57 ayat 1, bahwa Koperasi secara bersama-sama mendirikan satu organisasi tunggal yang bernama Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) dan berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi Koperasi. 

Sebagai lembaga gerakan koperasi yang otonom, DEKOPIN atau Dekopinda bertugas memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi di dalam dan di luar negeri, serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi. 

Lebih jauh disampaikan, dalam menjalankan kegiatannya, DEKOPIN mengacu pada UU No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian pasal 58, antara lain, memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi Koperasi.

Kemudian Meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat, antara lain dengan melakukan kegiatan penerangan, penyampaian informasi, penerbitan dan pembinaan kelompok usaha dalam masyarakat untuk diarahkan menjadi koperasi

Selanjutnya melakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat.dan mengembangkan kerja sama antar Koperasi dan antara Koperasi dan dengan badan usaha lain, baik pada tingkat nasional maupun internasional. 

Adapun Panitia Pelantikan terpilih selaku Ketua Drs.  Amiruddin Tk. Majolelo, MA, Sekretaris, Amzah, S.Pd, MM, Bendahara, Nur Avrila dan Penanggung Jawab Ketua Dekopinda Padang Pariaman, Rustam, SE, MM. Panitia juga dilengkapi dengan beberapa seksi.

Seksi Tamu dan Acara, Erman Sudin, S.Pd, dibantu Yeni Elfia, Riki Hermanto, S. Pd. Kemudian Seksi Konsumsi dan Perlengkapan, H. Syahrul, S.Km, M. Kes, anggota Drs. H. Ali Idris, Masyuri, S.Pd, MM. Sedangkan  Seksi Dana, dipercayakan kepada Awaluddin, S.Pd, Yulidarmen, SE, Rapini, SE dan Kamsyaryulis, SE. (ya)

    

google+

linkedin