BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan  mata pelajaran inti  seperti Al Quran Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam maka perlu dilakukan pembinaan terhadap guru PAI untuk mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum yang diajarkan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman, H. Helmi, Senin (6/3/2017) ketika membuka Pembinaan, Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Hotel Safari Inn, Pantai Kata, Kota Pariaman.

Kegiatan tersebut diikuti 80 orang Guru PAI SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Padang Pariaman dengan dua orang narasumber,  DR. Jhon Of Rizal One, S.Ag, MA dan Drs. H. Helmi, M.Ag.

Menurut H. Helmi, Guru PAI punya andil besar terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Proses ini diperlukan administrasi perangkat pembelajaran yang lengkap dan didukung sikap kepribadian Guru PAI itu sendiri. Untuk itu, guru PAI harus fokus terhadap tugsnya.

"Janganlah mengakali untuk memenuhi jadwal mengajar yakni 24 jam perminggu bagi Guru PAI sertifikasi," kata H. Helmi. Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Suhendrizal M.Ag mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari.

"Dengan dilaksanakanya kegiatan ini semoga guru PAI bisa mengimplementasikan penyususnan rencana tentang isi dan bahan pelajaran PAI yang harus dipelajari. Disamping itu, Guru PAI juga bisa mengimplementasikan langkah pengembangan kurikulum untuk meningkatkan mutu PAI disekolah serta bisa memperjelas arah dan tujuan PAI itu sendiri," papar Suhendrizal yang juga Kasi Pais pada Kankemenag Padangpariaman. (mw/amir)

google+

linkedin