BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Hj. Nevi Zuairina Irwan Prayitno resmi menjabat Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Barat periode 2017-2022. Hal ini ditandai dengan pelantikan oleh Ketua Umum YJI Pusat, Ny. Syahlina Zuhal di Auditorium Gubernuran, Selasa (7/2-2017).

Dalam memimpin YJI Sumbar, Nevi Irwan Prayitno dibantu Wakil Ketua I Prof. dr. H. Asnil Sahim, SpJP (K), Wakil Ketua II dr. Hj. Rosnini Savitri, MKes, Wakil Ketua III Hj. Elly Asnil dan Wakil Ketua IV Hansastri, SE, Ak, MM, CFrA. Sekretaris dijabat Dr. dr. Irene, MKM dan dibantu Wakil Sekretaris I Drs. Hj. Skunda Isril Berd, MM, dan Wakil Sekretaris II Fauziah, SKM. Bendahara dipercayakan kepada Refdiamon, SE, MM dan dibantu Wakil Bendahara Sufnarrita Yusuf, SST.

Selanjutnya, Bagian Kominikasi, Informasi dan Edukasi dipimpin Ir. H. Ismet, MEng, Badan Pelaksana Klub Jantung Provinsi Hendri Wandi, ST, MM, Bagian Bantuan Medis dr. H. Yaswir Yasrin, Bagian Pengembangan Dana Andreas, dan Badan Pengembangan Organisasi (Rumah Sakit) dr. Muhammad Fadil, SpJP (K). Susunan pengurus YJI Sumbar ini dikukuhkan dengan SK Pengurus Pusat YJI No. 06/YJI/SK/2017 tanggal 23 Februari 2017.

Ketua Umum YJI Pusat, Syahlina Zuhal dalam sambutannya mengatakan, keberadaan YJI Sumbar sangat penting artinya, karena penderita penyakit jantung di Sumbar tergolong banyak. “Sesuai visinya, pengurus YJI mesti jadi pelopor terwujudnya gaya hidup sehat di Sumatera Barat,” ujarnya. “Dan, cegah penyakit jantung dengan panca usaha jantung sehat, yaitu seimbang gizi, enyahkan rokok, teratur berolah raga, hadapi stress dan awasi tekanan darah,” tambahnya.

Syahlina Zuhal meminta pengurus baru YJI Sumbar segera membentuk cabang-cabang YJI di kabupaten/kota. “Klub jantung sehat juga mesti ditumbuh-kembangkan di daerah-daerah,” pintanya. “Untuk itu, pengurus YJI harus merevitalisasi program kerja dengan menggandeng dinas kesehatan dan para ahli jantung,” tegasnya. “Saya yakin YJI bisa berdiri di depan dalam menekan jumlah penderita penyakit jantung di Sumbar,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Nasrul Abit menambahkan, YJI Sumbar diharapkan bisa mendorong rumah sakit kabupaten/kota (RSUD) bisa menangani penderita penyakit jantung. “Untuk itu, kita mesti mendorong RSUD-RSUD menyekolahkan dokter spesialis jantung dengan bea siswa khusus,” sebutnya. “Dan, upaya pencegahan penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat mesti digalakan,” tegasnya.

Dikesempatan terpisah, Ketua YJI Sumbar Nevi Irwan Prayitno mengatakan, jajaran pengurus YJI Sumbar segera menggelar rapat guna merumuskan program kerja. “Selain merujuk visi dan misi, kita juga akan singkronkan program kerja YJI Sumbar dengan program kerja YJI Pusat,” ujarnya. “Dan, kita juga mendorong ketua TP PKK kabupaten/kota untuk segera membentuk YJI Cabang di daerahnya,” tambahnya. “Termasuk mendorong terbentuknya klub-klub jantung sehat,” tegasnya. novermal

google+

linkedin