BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, mengatkan, Pemda Padang Pariaman sangat mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kecil Bahagian Sejaktera yang digagas BKKBN Pusat, Perwakilan Sumatera Barat dan Pemda Propinsi Sumatera Barat.

Hal ini dibuktikan dengan adanya inovasi program kependudukan dan KB serta pembangunan keluarga sejahtera di Padang Pariaman.

Hal itu disampaikan,  Ali Muhni,  dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Puncak Bulan Kreatifitas Lini Lapangan Penyuluh KB se Propinsi Sumatera Barat di Aula IKK Patit Malintang, Padang Pariaman, Sabtu (8/4/ 2017). 

Dikatakan, untuk menyonsong kesiapan Era Bonus Demograpi Kependudukan Tahun 2030, yang tahun ini kita dihadapkan pada ancaman dan kekawatiran pada tingkat Usia Pelajar dan Mahasiswa, kalau jika tidak kita kendalikan pertumbuhan dan pertambahannya serta kualitasnya secara tepat, ini nanti menjadi beban pembangunan kelak dikemudian hari.

Menurut Ali Mukhni, antara lain untuk mewujudkan ini telah dibentuk (OPD baru) Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dengan type A dan pemberian honor bagi 1029 orang kader PPKBD dengan total Rp.720 juta dari dana APDD, pembentukan 17 kampung KB percontohan, pelayanan KB Vasektomi pria berkerjasama dengan Kodim 0308 Pariaman.

Sebelumnya Bupati Ali Mukhni, atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengatakan menyambut baik pertemuan yang sangat penting ini dimana BKKBN telah mempercayakan kepada kami sebagai tuan rumah tahun 2017 ini.

Selanjutnya Bupati Ali Mukhni, menambahkan, sebagai salah satu upaya dalam menyonsong Era Bonus Demograpi Kependudukan Tahun 2030, saat ini kita sedang giat-giatnya melalui kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal pengembangan pusat perguruan tinggi Kabupaten Padang pariaman di Nagari Kaapalo Hilalang Korong Tarok Kecamatan 2x 11 Kayu Tanam.
“ Insya Allah akan direalisasikan pada tahun 2017 ini, juga,” ujar Ali Mukhni dengan nada optimis.

Lebih jauh disampaikan,  sebagai bukti keseriusan Pemda Padang Pariaman, dalam melaksanakan amanat UU No. 52 Tahun 2009 di dibukti melalui bermacam macam penghargaan Pemerintah RI yang telah diterima Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman, sejek kepemimpinan Ali Mukhni dan Bupati sebelumnya. 

Pertama penghargaan, “Manggala Karya Kencana KB tahun 2006 terhadap (Alm) H.Muslim Kasim, mantan Bupati Padang Pariaman. Kemudian Manggala Karya Kencana KB tahun 2012 terhadap Bupati H Ali Mukhni di NTB Lombok dan  Satya Wira Karya Kencana KB tahun 2014 terhadap Bupati H Ali Mukhni di Surabaya.

Berikutnya Manggala Karya Kencana KB tahun 2014 terhadap DANDIM 0308 Letkol Inf Noorsamsudin, pada  tahun 2016 yang lalu juga mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana KB terhadap Ny Rena Ali Mukhni ketua TP-PKK di Propinsi NTT. 

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan segenap pihak dan stake holder terkait, dan juga dukungan BKKBN Propinsi Sumatera Barat,” ujar Ali Mukhni. (sr/amir)