BIJAK ONLINE (Padang)-Mantan Menko Perekonomian dan pemilik Trans TV dan Trans 7, Chairul Tanjung dipercaya menjadi Ketua Dewan Panesehat Serika Media Siber Indonesia pusat dengan didampingi sekretarisnya, Mirza Zulhadi.Sedangkan Ketua Umum SMSI Pusat Teguh Santosa didampingi Sekretaris Jendral, Firdaus.

"Pak Chairul Tanjung di Dewan Panesehat SMSI Pusat, diperkuat, pak Dahlan Iskan, Atal S Depari, Yusril Ihza Mahendra, Rizal Ramli, Ryas Rasyid, Jaya Suprana dan Prita Kemal Gani," kata Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Mursyid Sonsang.

Menurut Mursyid, keberadaan SMSI di seluruh provinsi sudah boleh dikatakan hampir rampung atau terbentuk. "Target saya, sebelum, 1 Mei 2017 mendatang, keberadaan SMSI disemua daerah sudah terbentuk, sehingga bisa dideglarasikan, sebagai salah satu persyaratan menjadi anggota Dewan Pers," kata Ketua PWI Jambi ini.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap ruang publik di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. "Kini, setiap individu sudah tidak lagi menjadi audiens yang pasif, karena akses luas di dunia maya, sehingga setiap individu,  sudah bisa pula menjadi produsen informasi, baik melalui fecabook, twitter dan WhatsApp," kata alumni Lemhanas RI PPSA 18 Tahun 2012 yang satu angkatan dengan Kasad TNI Jendral Mulyono dan Irwasum Maber Polri Komjen Dwi Priyatno ini. 

Dampak dari lanskap baru ini, kata Mursyid, sangat memudahkan penyebarluaskan  informasi, termasuk kabar bohong atau yang dikenal dengan berita hoax. "Sehngga Dewan Pers dan PWI, AJI beberapa tahun lalu sudah menggalakan Uji Kompetensi Wartawan," kata mantan wartawan Harian Singgalang ini.

Dengan keberadaan SMSI kata Mursyid lagi, termasuk cara terbaik untuk memerangi kabar bohong yang disebarluaskan di duia maya. "Jadi keberadaan SMSI adalah untuk meningkatkan profesionalitas perusahaan portal berita atau online dan sekaligus dengan wartawan media siber tersebut," kata taekwondoin ini. 

Sturktur Pengurus Pusat Serikat Media Siber (SMSI) Pusat

Dewan Penasehat:
Ketua: Chairul Tanjung
Sekretaris: Mirza Zulhadi
Anggota:
1,Dahlan Iskan
2.Atas S Depari
3.Yusril Ihza Mahendra
4.Rizal Ramli
5.Ryaas Rasyid
6.Jaya Suprana
7.Prita Kemal Gani

Dewan Pengurus Harian
Ketua Umum: Teguh Santosa
Ketua Bidang Pengawasan dan Penyehatan Usaha; Alwi Hammu
Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama: Nurzaman Mushtar
Ketua Bidang Oraganisasi dan Daerah: Mursyid Sonsang
Ketua Bidang Pendidikan Pelatihan dan Riset: Amir Machmud
Ketua Bidang Hukum dan Abitrase: Tarmilin Usman
Sekretaris Umum: Firdaus
Wakil Sekretaris Jendral: Zulkifli Gani Otto
Bendhara: 1.Basril Basyar
                       2. Dar Edi Yoga

Departemen-deparemen
Departemen Tehnologi dan Informasi: Endro S Efendi
Departemen Pendataan dan Verifikasi: Sayid Iskandar
Departemen Pengembangan Daerah: Eka Putra Nazir
Departemen Literisasi Media: 1.Nanang Junaidi
                                                               2.Alberth Yomo 
                                                                3.Mahmud Matanarang

Departeman Komunikasi: Yono Harton

google+

linkedin