BIJAK ONLINE (PADANG)-Fuji Astomi, SSTP. M.Si terpilih sebagai Camat terbaik I pada “Penilaian Kompetensi Camat” tingkat Kota Padang di tahun 2017.

Camat muda yang menahkodai Kecamatan Padang Selatan itu  sukses menjadi pemenang, disusul Camat Nanggalo, Teddy Antonius sebagai Camat terbaik II dan Camat Padang Utara Editiawarman sebagai Camat terbaik III. Hasil tersebut diumumkan langsung usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI tingkat Kota Padang di RTH Imam Bonjol, Rabu (26/4) pagi.

Menanggapi raihan itu, Pria yang akrab disapa Tomi tersebut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya, sehingga menghantarkannya menjadi yang terbaik dalam penilaian tersebut.

"Alhamdulillah, semua yang dinilai merupakan bahagian dari tugas kerja yang  kita lakukan selama ini di Kecamatan Padang Selatan. Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh perangkat yang telah mendukung. Yakni bagi seluruh aparatur, termasuk sinergi bersama Forkopimka serta masyarakat dengan kelembagaan-kelembagaan yang ada di Padang Selatan,” ungkapnya saat diwawancarai usai menerima piala dan piagam yang di serahkan langsung Wakil Walikota Padang H. Emzalmi.

Tomi juga mengatakan, prestasi ini merupakan prestasi bersama bagi Kecamatan Padang Selatan. Dengan kebersamaan dan kekompakan itulah sehingga membawa hasil dalam penilaian tersebut.

"Semoga, prestasi ini dapat menambah motivasi khususnya bagi seluruh aparatur untuk meningkatkan kinerja agar lebih maksimal lagi dalam pelaksanaan tugas ke depan. Dan kita tentu menyadari masih banyak kelemahan dan kekurangan yang harus dibenahi untuk tahapan selanjutnya,"  imbuhnya.

Selanjutnya terkait penilaian yang diikutinya, Tomi menyebutkan diantaranya meliputi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan tugas kemasyarakatan dan pembangunan yang dilakukan. Dan semuanya itu  juga dilihat dari sejauh mana kemitraan antara pemerintah dengan stakeholder yang ada di tingkat kecamatan.

"Sebagaimana, penilaian melalui dua tahapan, yaitunya mulai dari penyajian atau presentasi yang kemudian dilanjutkan dengan sesi peninjauan langsung ke lapangan oleh Tim Penilai," sebutnya lagi.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang H. Emzalmi menyampaikan apresiasi dan selamat bagi camat dan lurah yang telah terpilih sebagai yang terbaik dalam penilaian tersebut.

“Semoga, penilaian ini semakin memotivasi khususnya para camat dan lurah untuk lebih meningkatkan kinerja ke depan bukan karena demi penilaian ini saja. Untuk itu, mari kita lihatkan kapabilitas dan keseriusan khususnya dalam memberikan setiap bentuk pelayanan bagi masyarakat,” imbau Wawako.

Adapun Penilaian Kompetensi Camat dan Lurah tingkat Kota Padang 2017 tersebut diketahui merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Pemerintah Kota Padang dalam memperingati Hari Otonomi Daerah. Dimana setelah ini, bagi Camat dan Lurah terbaik I bakal mewakili Kota Padang untuk melanjutkan pada penilaian di tingkat provinsi nantinya. (David/ Fsl/ Nda/ LL/ Bst/ Ady)