BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Wakil Wali Kota Pariaman, Dr.H. Genius Umar, S.Sos, M.Si membuka perlombaan Pariaman Drumband/Marching Band Festival tingkat SMP dan SMA sederajat se Sumatera Barat, di Gedung Olahraga (GOR) Sutan Rajo Bujang Karan Aur, Sabtu, 29 April 2017.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diprakarsai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, dan untuk tahun 2017 ini, adalah kali ke 3 dilaksanakan, terang Kadis Dikpora Kota Pariaman Kanderi.

“Semenjak tahun 2015, kita telah menggelar Lomba Drumband/Marching Band tingkat SMP dan SMA sederajat, yang nantinya juara I dalam perlombaan ini, akan diikutkan dalam Lomba Drumband/Marching Band tingkat sumatera Barat,” ucapnya.

Genius Umar dalam sambutannya mengatakan banyak pelajaran berharga yang didapat dengan mengikuti ekskul Marching Band/Drumband di sekolah, yang pertama meningkatkan kedisiplinan dengan menghargai setiap waktu, musik dan gerak yang akan diselaraskan, untuk menampilkan penampilan yang terbaik, ujarnya.

“Yang kedua dengan musik dapat menyelaraskan otak kiri dan otak kanan, sehingga anak akan lebih cepat tanggap dan biasanya akan pintar dalam pelajaran eksakta, dan ketiga dapat menjauhkan anak dari perbuatan negatif yang dapat merusak masadepannya, dengan sibuknya mereka dalam mengikuti latihan dan perlombaan seperti yang dilaksanakan hari ini,” ungkapnya.

Hal positif lainya, dapat memupuk kebersamaan,baik antar sesama sekolah, maupun interaksi dengan sekolah lain, maka akan tercipta silaturahmi antar sekolah, sehingga tawuran anatr sekolah, dapat diminimalisir,” tukasnya.

Hadir jajaran Dinas Dikpora sebagai Panitia acara, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan se Kota Pariaman, Kepala sekolah SMP dan SMA sederajat serta 15 Tim Drumband dan Marching Band yang mengikuti perlombaan ini. (J/a/amir)