BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof DR H Irwan Prayitno PSi MSc dijadwalkan akan membuka International Confrence On Global Education V (ICGE V) tahun 2017 akan di gelar di Universitas Ekasakti (UNES) Padang,  10 – 11 April 2017  di Auditorium Uviversitas Ekasasakti, Jalan Veteran Dalam Nomor 26 Padang.  

Konferensi akan dihadiri 5 pembicara utama dari 5 Negara,  yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Brunei Darusalam.

Hal ini disebutkan Ketua Panitia ICGE V tahun 2017 Dr. H. Agussalim. M, SE, MS  didampingi Wakil Ketua Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Ketua Seksi Promosi dan Publikasi Drs. Sumartono, M.Si Jum’at  (7/4) kemarin di Ruang kerjanya Lantai II Rektorat Universitas  Ekasakti Padang.

Seminar Internasional yang akan di gelar di Universitas Ekasakti Padang ini akan membahas tentang pembangunan Sumber Daya Manusia yang diarahkan kepada ekonomi global. Seminar Internasional kali ini lebih banyak pesertanya dibandingkan tahun-tahun  sebelumnya, begitu juga dengan pemakalah utama. 

Keynote Speaker dari ke 5 yaitu Prof. Dr. Heri, S.E., MBA Kordinator Kopertis Wilayah X (Indonesia), Prof. Dato’ Dr. Norazah Mohd. Nordin dari Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Prof. Dr. Anan Thipphayarat dari Hatyai University Thailand (Thailand), Prof. Dr. Saliman Hj. Mohd. Saleh dari Universiti Brunai Darusalam (Buranai Darusalam), dan Hoang Mai Khanh, Ph.D dari Vietnam National University (Vietnam), ujar Agussalim

Pemakalah dan Peserta Seminar Internasional tersebut lebih kurang 500 orang, diantaranya 135 orang dari Malaysia, Thailand, Vietnam dan Brunai Darusalam.  Pelaksanaan Seminar Internasional menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Seminar tersebut direncanakan akan dibuka oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, M.Sc, P.Si),





 ikut memberikan sambutan nanti Rektor Universitas Ekasakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. Sambutan Perwakilan UKM Prof. Dato’ Dr. Muhammad Husein dan Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Dr. Herri, S.E., MBA.   Pada Selasa tanggal 11 April 2017 ditutup oleh Wsalikota Padang. 

Agussalim menyebutkan Tema yang diusung pada Seminar Internasional kali ini adalah “Global Education, Common Wealth and Cultural Diversity” dengan Sub Tema 
A) GLOBAL  EDUCATION (GE)
- Technical Vocation Education and training (TVET)
- Knowledge Economy.
- Science, technology, engineering and mathematics/Sains.
- Education Towards Innovation.

B) Common Wealth (CW)
- Free Education
- Online Education.
- Education and Entrepreneurship development.
- Environmental issues in education.

C) Cultural diversity
- National Community servise.
- Cross cultural education.
- Education towards national building.
- Culture of innovation  in education.
- Tolerance in religion and cultural diversity.

Pemakalah dan Peserta dari Luar Negeri dan luar Sumatera Barat sudah berdatangan pada hari  Sabtu dan hari Minggu. Pada tanggal 9 April 2017  Pukul 09.00 WIB  pemakalah dan peserta Seminar Internasional yang datang di Sumatera Barat akan mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Ranah Minang, rute perjalanan   dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang menunju objek wisata Padang Panjang, Bukittinggi (jam gadang), Pagar Ruyung Batu Sangkar mereka disambut oleh Bupati  dan Ketua DPRD Batu Sangkar, kemudian terus ke Danau Singkarak dan Kota Solok dan kembali ke Padang.  

Selanjutnya Agussalim mengatakan Perjalanan wisata ini menggunakan kendaraan Polda Sumatera Barat sebanyak 2 unit,  kendaraan DPRD Sumatera Barat juga 2 unit, dan kendaraan Universitas Ekasakti Padang. Perjalanan ini dipandu oleh duta-duta wisata yang ada di Sumatera Barat dan di kawal dengan Vorider Polda Sumatera Barat.

Hasil Seminar nanti akan memberikan masukan berupa sumbangan pemikiran  terhadap perkembangan dunia pendidikan masa mendatang serta menemukan model-model pembelajaran yang berkarakter dalam pembangunan SDM di Era Ekonomi Global . 
    
Selain menggelar Seminar Internasional ini, juga diadakan kegiatan malam kesenian dengan menampilkan seni tradisional sebagai ajang promosi pariwisata bagi Sumatera Barat. 

Agussalim menyebutkan pemakalah sampai Kamis Sore (6/4) kemarin sebanyak 361 orang, dari Luar Negeri 135 orang dan Dalam Negeri (Indonesia) sebanyak 226 orang.  Pemakalah dari Sumatera Barat 157 orang dari 69 Perguruan Tinggi dan 109 orang luar Sumatera Barat dari 58 Perguruan Tinggi.  Peserta Seminar 244 orang, dari luar negeri 25 orang dan Indonesia sebanyak 137 orang. (Ka Humas Syafruddin, SH Mhum)

google+

linkedin