BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Pariaman, Ny. Rena Ali Mukhni, peringati Hari Kartini bersama-sama dengan guru guru dan murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Ma’aruf Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis. 

Ny. Rena Ali Mukhni, mengharapkan kepada orang tua murid untuk peduli terhadap perkembangan anak, pemakaian gadget dan smartphone dan selalu mendampingi anak-anakdalam belajar. Karena seusia PAUD sangat memerlukan perhatian dari kedua orang tuanya. “Jangan sekali-kali, memarahi atau memukul anak yang sedang tumbuh dan berkembang,” ujar Ny. Rena.

Hal itu disampaikan  Ny. Rena Ali Mukhni pada acara Peringatan Hari Kartini , Jum’at (21/4/2017) di Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, tepatnya di PAUD Al Ma’aruf.

Dikatakan, waspadalah orang tua, terhadap maraknya sekarang tindakan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak, kalau kita melihat perkembangan informasi teknologi setiap saat selalu saja ada terengar  kekerasan terhadap anak,diharapkan jangan sampai terjadi  di daerah kita ini.
“Mari sama-sama mewaspadai tindakan kejahatan terhadap anak tersebut, karena tumbuh kembang anak akan menjadi tergannggu  dan bisa merusak terhadap mental dan  masa depan anak,” tutur Ny. Rena. 

Pada kesempatan itu Ny. Rena Ali Mukhni, juga berharap dan berpesa kepada guru sebagai pendidik, supaya selalu memberikan contoh teladan yang baik kepada anak didiknya, mulai dari ucapan, cara berpakaian pergaulan, karena anak  Usia Dini, akan mudah mencontoh apa yang dilihat dan didengarnya. 

Lebih jauh disampaikan,  Ny. Rena Ali Mukhni, anak usia dini, merupakan masa keemasan  yang sangat gemilang, karena itu masih bersih dan suci, pada masa keemasan tersebut, dalam otaknya terdapat jutaan jaringan  yanag udah menangkap terhadap apa yang dilihat dan didengarnya.

“Dahulu semasa kita kecil-kecil orang tua-tua kita sangat melarang bertengkar dan berkata kasar di hadapan anak-anak, begitu  dia caranya supaya anak tumbuh kembang anak tidak rusak dan terganggu,” ulasnya lagi.

Menurut Ny. Rena Ali Mukhni diadakan Peringatan Hari Kartini, adalah untuk mengenang jasa-jasa Kartini dalam rangka menangkat derajat perempuan dan sekaligus mengenang kembali  Semangat emansipasi wanita yang diperjuangkanRaden Ajeng Kartini.

“Khusus untuk Kabupaten Padang Pariaman, Hari Kartini diperingati dengan berbagai acara, mulai dari upaacara bendera dan lomba-lomba pada beberapa jenjang pendidikan yang tujuannya, supaya anak-anak bisa mencontoh dan meneladani semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini,” ulangnya lagi.

Dalam kesempatan itu Ny. Rena Ali Mukhni, menyerahkan bantuan berupa buku tulis  dan juga meminta kepada orang tua supaya selalu memantau segala aktivitas anak baik di dalam maupun diluar rumah sehingga orang tua dapat memastikan anak dalam keadaan baik dan sehat. (amir)