BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Menteri Pendidikan Nasional RI Prof.Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, mengatakan, Pemerintahan Presiden Joko Widodo memfokuskan pada empat sektor pembangunan yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memiliki daya saing di pasaran global. Keempat sektor tersebut masing-masing sektor pariwisata, pertanian dan ketahanan pangan, kelautan dan industri kreatif.

Muhadjir Effendy, mengungkapkan hal itu pada peresmian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Global Kota Pariaman, Minggu (23/4/2017), di halaman SMK Global, Pauh, Kota Pariaman. 

Menurut Muhadjir, keempat sektor tersebut memiliki peluang bersaing yang besar di pasaran global. Sedangkan  banyak sektor lain sulit bagi Indonesia untuk bersaing. Eksploitasi minyak yang sebelumnya menjanjikan karena kebutuhan pasar dunia, tapi kini sejumlah eksploitasi minyak tersebut terpaksa tutup. Hal itu disebabkan anjloknya harga minyak yang tidak sebanding dengan biaya operasionalnya.

Pilihan Kota Pariaman yang mengembangkan sektor pariwisata adalah pilihan yang tepat. Kota Pariaman yang subur dan memiliki kekayaan nilai-nilai budaya . Bagaimana potensi budaya tersebut mampu dijadikan potensi dalam pengembangan pariwisata, kata Muhadjir.

Meski Kota Pariaman tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan, namun jika sumber daya manusianya pintar dan berkualitas tidak menjadi masalah. Malah justru banyak bangsa yang hancur karena memiliki sumber daya alam yang melimpah. 

Tapi sumber daya manusianya yang tidak mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam tersebut dengan baik. Lihatlah Timur Tengah yang justru hancur perang saudara justru karena memiliki minyak yang banyak, kata Muhadjir.

Muhadjir juga mengingatkan, warga Kota Pariaman jangan sampai menjadi penonton kalau wisatanya berkembang pesat. Orang dari luar Pariaman justru yang banyak mengambil manfaatnya. Orang Pariaman sendiri cuma jadi satpam atau tukang parkir. Ini Ironis sekali kalau terjadi. 

“Untuk itu, peningkatan sumber daya manusia melalui pendirian SMK Global yang membuka jurusan pariwisata merupakan yang tepat. Pariwisata yang didenggungkan bukan hanya Walikota Pariaman saja, tapi pariwisata harus menjadi bagian hidup semua warga Kota Pariaman,” kata Muhadjir menambahkan.

Peresmian dihadiri Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kadis Pendidikan Sumatera Barat  Burhasman Bur, Wakil Wali Kota Pariaman yang juga Pembina SMK Global Genius Umar, Pimpinan Yayasan Genius Global Madani, Lucyanel Arlym, dan pejabat lainnya di Kota Pariaman. (tj/amir)