BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, bercerita kisah waktu kecil di kampung halaman tanah kelahirannya Korong V Hindu Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman.

Cerita itu dibuka Asman, ketika memberikan sambutan pada peletakan batu pertama Pembangunan Jembalan Lubuk Tano, Nagari Koto, Kecamatan Padang Sago, Jumat (28/4/2017).

Walaupun cuaca agak mendung, tapi masyarakat tumpah ruah untuk menghadiri kedatangan Asman Abnur tersebut. Kata Asman,  bersekolah di SMPN Padang Sago, kemudian dilanjutkan  ke Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA)  di Tanjung Pinang, karena orang tuanya merantau ke daerah Kepulauan Riua tersebut. 

Asman Abnur, S.E., M.Si lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Maret 1961, itu. Selain dikenal sebagai politisi (DPR RI), ia juga dikenal sebagai pengusaha. Sejumlah usaha pernah digelutinya diantaranya SPBU, restoran, apotek,  pusat kebugaran, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional & Syariah, dan money changer.

Laki-laki yang pernah menjadi Wakil Wali Kota Batam itu, juga bercerita tentang pahit getirnya perjuangan orang tuanya di Daerah Kepulauan itu,”jatuh bangun” dan pernah bangkrut, gulung tikar, balik lagi ke kampung.

Sebagai pengusaha, bisnisnya tak hanya di Indonesia (Batam dan Jakarta) tetapi juga hingga ke Singapura. Ia pernah menjabat Ketua HIPMI Batam dan Ketua KADIN Batam.

Adapun sebagai politisi, ia memulai dari  DPRD Kota Batam (1999-2004). dan sempat menjadi Wakil Walikota Batam lalu mundur karena mencalonkan diri sebagai DPR RI dari Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) mewakili daerah pemilihan Kepulauan Riau sejak tahun 2004 lalu.

Di Partai Amanat Nasional (PAN) berdasarkan Hasil Munas PAN 2015, Asman Abnur dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum PAN.

Menurut Asman Abnur, dia dilarang oleh orang tuanya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi disiruh untuk berusaha dan tidak menyangka sama sekali akan pulang kampung mendapat pengawalan. “Jadi tidak satupun kita yang bisa menebak garis hidup dan tidak pernah membayangkan bakal menjadi menteri,” tukas Asman yang disambut dengan tepuk tangan hadirin yang hadir.

Sebelumnya Asman Abnur, memberikan pencerahan kepada Pejabat dan Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang. Dalam pengarahannya, Asman meminta kepada PNS supaya bisa menelorkan ide-ide yang positif untuk perubahan dan perkembangan kepada arah yang lebih maju.

Menjadi PNS harus mempunyai inovasi dan motivasi kerja serta mempunyai target yang harus dicapai, tidak sekedar untuk menjadi pejabat, karena kalau sudah menjadi  pejabat akan mendapatlan fasilitas Negara, bukan itu targetnya. Tetapi bagaimana bisa membuat program kerja yang bermanfaat untuk orang banyak. (amir)