BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Lima puluh orang Pengurus dan Pengawas Koperasi Kabupaten Padang Pariaman, mendapat pelatihan Akuntansi dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Prov Sumatera Barat, selama 4 hari, Minggu, Senin, Selasa dan Rabu (9,10,11,12/4/2017) di Hotel Al  Madinah, Kota Pariaman.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Perdagangan Koperasi dan UKM, Yulidarmen, SE kepada wartawan  Bijak  Online di ruang kerjanya, Kamis (6/4/2017) mengatakan,  pelatihan itu dimaksudkan dalam memberikan pembengkalan kepada  Pengurus dan Pengawas Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita mengharapkan  Gerakan Koperasi yang diundang untuk dapat menghadiri kegiatan itu dengan baik dan penuh sungguh-sungguh, supaya  bisa ditrapkan dalam pengelolaan koperasi,” ujarnya.

Dikatakan Yulidarmen, tujuan dan sasaran pelatihan, memberikan pembekalan pengetahuan, ketermpilan dan kemampuan bagi peserta tentang Pengelolaan Koperasi dan membuka wawasan  dan memberikan motivasi kepada peserta Pengelolaan Koperasi, memperkaya ide dan gagasan untuk mengembangkan koperasi serta menciptakan para Koperasi yang tangguh dan manidiri.

Adapun materi ajar yang akan diberikan nara sumber, hari pertama Senin, (10/4/2017)  kepada peserta, pertama Kebijakan Pemerintah tentang Koperasi yang akan disampaikan, Ir. Zirma Yusri Kepala  Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat. Kemudian dilanjutkan dengan materi Organisasi dan Manajemen Koperasi yang disampaikan oleh Endarmy, SE dari Dekopinwi Sumatera Barat.

Setelah itu dilanjutkan dengan nara sumber Basyiruddin,  SE, Akt didampingi rekannya Ir. Syafinal, materinya Mencatat Transaksi.  Hari  kedua Selasa (11/4/2017)  sesen pertma Praktek Akuntansi Manual, masih dengan Basyiruddin dan Syafinal, kemudian dilanjutkan dengan Praktek Akuntansi Aplikasi Komputer. 

Pada hari terakhir Rabu (12/4/2017) dengan materi masih lanjutan Praktek Akuntanis Aplikasi Komputer dengan nara sumber yang sama, sampai jam terakhir pukul 12.00.  Selama pelatihan peserta diinapkan di Hotel Al Madinah Kota Pariaman, juga ada penggantian uang transportasi peserta.

“Merugilah  Koperasi yang diundang tidak mengutus pesertanya, kegiatan seperti ini  sangat sulit untuk mendapatkannya, “ ulang Yulidarmen didampingi stafnya  Kamsyaryulis dan Rapini, SE. 

Salah seorang peserta Zafri Husli dari  Koperasi  Produksi Pertanian (KPP) Tuah Sakato  Nagari Gunung Padang Alai, ketika dimintarnya  sebagai peserta, mengatakan berterima kepada  Dinas Tenaga Kerja Perdagangan Koperasi dan UKM Padang Pariaman yang telah  mengundangnya sebagi peserta. 

“Saya sangat berterima kasih sekali atas diikut kan sebagai peserta Pelatihan  Akuntansi bagi Pengrus dan Pengawas,” ujar Zafri Husli yang akrab disapa dengan Ujang ini. (amir)

google+

linkedin