BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Terkumpul uang kontan Rp. 14 juta rupiah lebih, dalam acara Peringatan Isra’ Mi’raj di Mesjid Raya Kampung Baru Pariaman Tengah Kota Pariaman, Senin (24/4/2017) malam.

Demikian disampaikan Bendahrawan Mesjid Raya Kampung Baru, Syafrial dalam menjawab pertanyaan wartawan usai shalat Isya berjema’ah, Rabu (26/4/2017), didampingi Sekretaris Mesjid Raya Kp. Baru, Rasyid, SE, MM dan pengurus lainnya.

Dikatakan, apabila ditambahkan dengan kas mesjid sebelumnya yang tersimpan di Bank, sudah berjumlah  totalnya Rp. 170 juta rupiah. “Semua dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk keperluan mesjid, disamping untuk perbaikan fisik, termasuk operasional harian mesjid,” tutur  mantan pensiunan BRI Cabang Pariaman ini.

Lebih jauh dituturkan Syafrial, selain dana kas mesjid, juga ada dana lain yang dihimmpun, seperti infak untuk anak yatim, berjumlah  Rp. 30 juta rupiah. “Dana anak yatim ini akan diserahkan pada pertengahan bulan puasa nanti,” tukuk Syafrial lagi.

Disamping itu  pengurus Mesjid Raya Kampung Baru,juga  menghimpun infak dan sedekah dari jema’ah untuk keperluan  Madrasah Diniyah Takmiliyah  Awaliyah (MDTA)  Nurul Ihsan  yang kepengurusannya berada di bawah kepengurusan Mesjid Raya Kampung Baru yaitu Seksi Dakwah dan Pendidikan yang di Ketuai oleh Buya Drs. Muzakar. 

Dana untuk MDTA ini berjumlah Rp. 10 juta rupiah. Murid murid yang belajar sebanyak 130 orang dengan tenaga pengajar 6 orang dan setiap guru diberikan intensif setiap bulannya Rp. 250 ribu rupiah. Sementara anak murid juga dipungut iyuran  Rp. 10 ribu perorang, kalau pimpinan MDTA  mengaku dana kurang untuk bayar intensif guru, pengurus segera mengucurkannya.

“Bagi kita yang penting ada laporan keuangan  uang masuk dan uang keluar dari Pimpinan MDTA dan berapa sisa kurangnya akan dibantu,” tukas Syafrial  yang diamini oleh Rasyid.
Sekretaris Mesjid Rasyid Raya Kampung Baru, Rasyid, SE, MM menambahkan, ada pula infak dan sedekah jema’ah dihimpun untuk pembangunan Madrasah Ibitidaiyah Swasta (MIS)  Raudhatul Amal Perumnas Desa Kampung Baru, yang selalu dijalankan setiap hari Jum’at berjumlah Rp. 19 juta rupiah.

“Pengumpulan Infak dan sedekah untuk MIS ini, dimulai sejak dari awal pembangunan  dan kini pembangunan ruang belajar MIS, sudah bisa dikatakan selesai dan lagi Pengurusnya juga sudah ada yang permanen disitu, walau pun demikian kita tetap membantu kalau pengurusnya membutuhkan dana” tutur Rasyid lagi.

Ditambahka Rasyid,  Mesjid Raya Kampung Baru, mempunyai kegiatan  rutin, seperti wairid pengajian, kuliah tujuk menit (Kultum) setiap shalat zhuhur dan wirid mingguan setia Jum’at malam dan termasuk peringatan peringatan hari besar Islam, seperti peringatan  Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Maulid Nabi Muhammad SAW, Nuzul Qur’an  dan shalat Idul Fithri dan Idul Adha, tidak ketinggalan wirid pengajian Ramadhan  jelang shalat tarawih dan subuh.

Menurut Rasyid, berbicara soal jema’ah Mesjdi Raya Kampung Baru, selalu ramai dikunjungi jema’ah, pada shalat lima waktu, seperti subuh, zhuhur, asyar, maqrib da Isya, kalau dihitung dengan syafnya, laki-laki  3-4 syaf dan perempuan 2-3 syaf. “Satu syaf itu, minimal 45-50 orang,” ungkap Rasyid. (amir)