BIJAK ONLINE (PADANG) – Pemerintah Kota (Pemko) Padang memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXI dengan menggelar upacara di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Rabu (26/4) pagi. Selaku Inspektur upacara Wakil Walikota Padang H. Emzalmi membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dihadapan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Padang. Sebagaimana tema secara nasional tahun ini yaitu “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui e-Goverment”.

Dalam sambutan seragam Mendagri tersebut, Wawako menyampaikan bahwa Hari Otoda merupakan momentum untuk mengevaluasi kebijakan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing-masing daerah otonomi.

“Sehingga, setiap pemerintah daerah harus senantiasa meningkatkan kinerja sesuai apa yang telah dicapai, seraya mengatasi setiap hambatan yang terjadi di pemerintahan otonomi daerahnya masing-masing,” sebutnya.

Ia melanjutkan, pelaksanaan otonomi daerah pemerintah pusat senantiasa menekankan untuk fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat khususnya pada pelayanan publik, pelayanan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing ekonomi masyarakat.

“Inilah tujuan utama pelaksanaan otonomi daerah yang menjadi prioritas dalam kebijakan pembangunan pada pemerintah daerah,” tuturnya.

Sementara itu, tambah Wawako lagi, sesuai tema Hari Otoda ke-XXI secara nasional memiliki empat makna pokok. Pertama, pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat. Kedua, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik harus dikelola berbasis teknologi informasi (TI) dan komunikasi atau e-Government. Kemudian ketiga yaitu ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis e-Government membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur pemerintah daerah. Serta keempat, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis e-Government, demi mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih.

“Untuk itu, semoga kita semua mampu melaksanakan amanat Mendagri pada peringatan Hari Otoda ke-XXI ini. Semoga, Kota Padang semakin maju di bidang pembangunan, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan secara baik,” tukasnya.
Hadir pada upacara tersebut, Ketua DPRD Padang, Erisman, Unsur Forkopimda dan stakeholder terkait. (David/ Fsl/