BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)---Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman, Jon Priadi, SE, MM,kunjungi lokasi Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) ke 98 di Nagari Koto Dalam Kecamatan Padang Sago, Sabtu (22/4/2017).

Jon Pridi didampingi ,beberapa Kepala OPD dan Kepala Bagian ke lokasi guna meninjau dan memberikan semangat serta melakukan gotong royong bersama anggota TNI yang sedang bekerja.

Ikut serta dalam rombongan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Erman, Sekretaris DPRD Muhadek Salman, Kasatpol PP dan Damkar Rianto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga John Kenedy, Kepala Kantor Kesbangpol Yusmanda, Kabag Perencanaan dan Keuangan, Kabag Humas dan Protokol serta beberapa pejabat eselon 3 dan 4 lainnya.

Sekda Jonpriadi menyempatkan diri menyelusuri jalan setapak yang dibuka sepanjang 2,5 Km yang menghubungkan Nagari Koto Dalam Selatan ke Nagari Koto Dalam Barat, Korong Pauh Manis ke Korong Buluh Apo serta melakukan goro bersama pejabat dan masyarakat.
Sekda Jonpriadi sangat kagum dengan capaian yang telah dilakukan TMMND dan berterima kasih atas terbukanya jalan setapak masyarakat.

"Kita sangat berterima kasih sekali kepada anggota TNI yang telah melakukan TMMND di sini. Tidak dapat dipungkiri, pelaksanaan TMMND sejak dulu sampai sekarang telah menyumbang pembangunan daerah yang sangat banyak. Seperti ini contohnya, Sebelumnya masyarakat menempuh jarak 8 Km sekarang menjadi 2,5 Km. Ini sangat terasa dampaknya bagi masyarakat," katanya senang.

"Dengan telah dibukanya jalan ini oleh TMMND, kita Pemda akan melanjutkan dengan pengerasan dan pengaspalan. Ini akan kita ajukan kepada DPRD untuk diakomodir dalam APBD tahun berikutnya secara bertahap," harapnya.

Sekda juga mendapat laporan bahwa selain kegiatan fisik pembukaan jalan setapak menjadi jalan besar dengan lebar 6 meter, TMMND juga melakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan, pertunjukan film, kesenian dan lomba. Selain jalan, jembatan dan gorong, TMMND juga melakukan rehab pada Mushalla Surau Penti, Posko Pemuda dan fasum lainnya.

Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMND Kapten Inf. Irwan Taufik, yang menyambut Sekda dan rombongan menjelaskan target manunggal adalah membuka jalan setapak sepanjang 2,5 Km dengan 2 jembatan besar dan 11 gorong-gorong melintasi jalan.

"Saat penutupan nanti semua target ini harus selesai 100% tidak boleh 99,99%. Jika nanti dalam pengerjaan kami terkendala hujan maka malam hari akan dikerjakan untuk mencapai target 100%," ungkapnya tegas.

Irwan juga melaporkan  jumlah personil yang terlibat sebanyak 150 orang SSK (Satuan Setingkat Kompi) yang terdiri dari Batalyon 133, Kodim Pariaman, dinas, jawatan, POM, Pal, Hub, Kesrem, dll.

"Kita juga dibantu oleh masyarakat baik dalam pengerjaan maupun membantu menyediakan rumahnya untuk dijadikan penginapan anggota dengan sistim orang tua angkat. Untuk uang makan kami serahkan ke orang tua angkat untuk disiapkan. Ini telah berjalan beberapa tahun belakangan atas perintah dari Panglima TNI," katanya lagi.

Menurut Irwan, Panglima menginginkan anggota TNI berbaur dengan masyarakat secara penuh. Tidak ada lagi pendirian tenda dan dapur umum. Dengan menginap di rumah masyarakat, anggota TNI dapat merasakan kehidupan di kampung dan masyarakat mengetahui kehidupan tentara.
Pada kesempatan itu Sekda Jonpriadi menyumbangkan sejumlah uang untuk menambah pembelian seng Mushalla Surau Penti. (rel/amir)

google+

linkedin