BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE, MM melantik tiga organisasi sekaligus, di Mesjid Agung Kabupaten Padang Pariaman, Ulakan Tapakis, masing-masing, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian dan Pernikahan (BP4) dan Badan Ru’yah (Hisab), Jum’at (7/4/2017).

Suhatri Bur, dalam arahannya meminta kepada masing-masing pribadi pengurus yang telah menerima amanah organisasi dengan telah dilaksanakan pelantikan, berarti sudah resmi sebagai pemegang amanah, ditambah lagi dengan Surat Keputusan, dari yang berwenang mengeluarkan.

“Saya harap, sekecil apa pun tugas dan amanah yang diterima, supaya dapat dilaksanakan dengan baik dan  benar, jangan sia-siakan amanah yang diterima, karena disamping akan dipertanggung jawabkan kepada orang banyak juga akan dipertanggung jawabkan kepada Allah Swt,” ujar Suhatri Bur.

Dikatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan organisasi keumatan yang mengurus dan mengawasi masaalah keagamaan umat, karena Rasulullah Saw, dalam hadisnya “Ulama itu adalah pewaris Nabi”, berarti tugas yang diemban  pengurus sangat  terhormat dan mulia, baik pada sisi manusia, apalagi pada sisi Allah, SWT.

Menurut Suhatri Bur, awalilah  tugas dengan niat ikhlas karena Allah SWT, suatu pekerjaan  yang dimulai dengan niat ikhlas pasti sukses. “Luruskanlah niat sejak dari dini, jangan sampai ada niat ikhlas kita disusupi oleh syaitan iblis dari dalam diri kita   yang selalu menggoda umat, iblis iri melihat orang sukses,” tukuk Suhatri Bur.

Sementara Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4)  adalah Organisasi perkumpulan yang bersifat sosial keagamaan sebagai mitra Kementerian Agama dan instansi terkait lain dalam upaya meningkatkan kualitas perkawinan umat Islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi keluarga muslimin di seluruh Indonesia.

Kemudian  Badan Hisab Rukyat, adalah menyangkut dengan penentuan bulan, terutama menetukan hari –hari  besar Islam seperti penetapan  hari puasa, hari raya dan hari-hari lainnya yang menyangkut dengan ibdah umat Islam, organisasi juga merupakan mitra Kementerian Agama.

“Kita sampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Padang Pariaman yang memfasilitasi  acara pelantikan ini, walau pun tidak semua pengurus yang dilantik hadir, karena hujan, tetapi sebagai mewakili sudah ada,” tukas Suhatri Bur.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Drs. H. Helmi, M. Ag ketika diminta komentarnya, tentang pelantikan 3 organisasi  tersebut, mengatakan, sebagai mitra Kementerian Agama, tidak ada salahnya kita berbuat kebaikan dan membantu memfasilitasi acara pelantikan tersebut.

“Kapan lagi kalau tidak kita mulai dari sekarang. Selama ini memang belum pernah terjadi, tetapi ini sebagai bentuk terobosan dan perubahan kepada yang lebih baik,” ucap Helmi di ruang kerjanya, Kamis (6/4/2017). (amir)

google+

linkedin