BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)– Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM  mengatakan Atlit, Pelatih dan Cabang Olahraga, yang berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke-14 yang berlangsung 19-30 Nopember 2016 lalu di Kota Padang, terima bonus dan penghargaan atas prestasi yang sudah diperoleh dari Pemko Pariaman. 

Total dana penghargaan yang disediakan Pemko Pariaman,  sebanyak Rp 1,743 miliar dariAPBD Kota Pariaman. Atlit Kota Pariaman berhasil meraih 19 medali emas, 29 medali perak  dan 57 medali perunggu. 

Hal itu, disampaikan Mukhlis Rahman, Senin (10/4/2017) di aula Balai Kota Pariaman pada penyerahan bonus kepada atlit, pelatih dan cabang olahraga tersebut. Penyerahan disaksikan Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Sekda Indra Sakti, SH Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pariaman Kanderi pejabat lainnya di lingkungan Pemko Pariaman.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pariaman, Drs.  Kanderi, MM mengungkapkan hal itu, Senin (10/4/2017) di aula Balai Kota Pariaman pada penyerahan bonus  kepada atlit, pelatih dan cabang olahraga  yang sudah meraih medali pada Porprov Sumatera Barat  tersebut.  
Penyerahan disaksikan Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Sekda Indra Sakti, pejabat lainnya di lingkungan Pemko Pariaman.
Kanderi lebih rinci menjelaskan, bonus yang diberikan terdiri dari medali perorangan masing-masing sebesar Rp 22 juta medali emas, Rp 11 juta medali perak dan Rp 5,5 juta medali perunggu. Peraih medali beregu masing-masing medali emas sebesar Rp 33 juta, medali perak Rp 16,5 juta dan medali perunggu Rp 8,250 juta.
“Sedangkan peraih medali ganda, masing-masing medali emas sebesar Rp 27,5 juta, medali perak Rp 13,750 juta dan medali perunggu sebesar Rp 7,150 juta. Bonus untuk peraih medali tim, medali perak sebesar Rp 33 juta dan medali perunggu Rp 15 juta,” kata Kanderi.
Khusus bonus pelatih, kata Kanderi, diberikan sebesar 30 persen dari perolehan masing-masing cabang olahraga. Bonus untuk cabang olahraga medali emas juga diberikan sebesar Rp 25 juta yang digunakan untuk pengembangan sarana prasarana cabang olahraga yang bersangkutan. 
“Pada Porprov lalu Kota Pariaman mengikuti 26 cabang olahraga dengan jumlah atlit dan official 435 orang. Total perolehan medali yang diraih atlit Kota Pariaman, cabang tarung derajat 4 emas, wushu 4 emas, 7 perunggu, tenis lapangan  1 perunggu, gulat 1 perah, 6 perunggu, karate 1 emas, 4 perah, 9 perunggu, sepak takraw 1 perak, 3 perunggu.

Sedangkan cabang senam 2 perak, wushu 4 emas, 5 perak dan 3 perunggu, taekwondo 3 perunggu, silat 2 perak dan 3 perunggu, tinju 3 perunggu, catur 1 emas dan 1 perak, atletik 2 emas, 1 perak, 1 perunggu, panjat tebing 2 perunggu, angkat berat 3 perak, 4 perunggu, volley pantai 1 perak, futsal 1 perunggu, muaythay 3 emas, 3 perak, 4 perunggu, sepatu roda 3 emas, 4 perak dan 4 perunggu,  soft tenis 1 emas, 1 perak dan 4 perunggu,” kata Kanderi merincinya.

Dikatakan Kanderi, tujuan pemberian bonus ini sebagai wujud perhatian Pemko Pariaman bagi atlit yang berprestasi meraih medali. Kedua, untuk  memotivasi bagi atlit, pelatih dan cabang olahraga  untuk menghadapi even-even lainnya. Terutama persiapan menghadapi Porprov ke-15 tahun 2018 mendatang di Kabupaten Padangpariaman. 

“Selain itu, meningkatkan silaturrahmi antara pembina, pelatih dan atlit cabang olahraga dengan Pemko Pariaman,” ujarnya

Dibagian lain, Kanderi juga menjelaskan, peringkat yang diraih atlit Pariaman  pada Porprov ke14 itu menempati peringkat ke 11 dari kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Pada Porprov sebelumnya, ke-13 yang diselenggarakan di Damasraya, Kota Pariaman menempati peringkat ke-13. 

“Sedangkan dana pembinaan yang diberikan kepada cabang-cabang olahraga, merupakan yang pertama kali dianggarkan. Mudah-mudahan dengan adanya dana pembinaan ini akan memacu untuk lebih meningkatkan prestasinya,” kata Kanderi menambahkan.(tj/amir)

google+

linkedin