BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wakil Wali Kota Pariaman, wisuda santri/santriwati murid Madrasah Diniyah Takmilyah Awaliyah (MDTA) Kecamatan Pariaman Utara, sebanyak 375 orang dari 34 MDTA Pariaman Utara, Kamis (27/4/2017), di halaman kantor KUA Pariaman Utara dan ini merupakan Wisuda ke-8. 

Genius Umar,  berharap agar para santri terus memperdalam ilmu agama, terutama mempelajari dan memperdalam ilmu  al-Qur’an  pasca wisuda. “Para wisudawan diharapkan menjadi anak yang saleh dan berbakti kepada orangtua dan bangsa,” ujar Genius.

Dikatakan, sebagai umat Islam wajib hukumnya untuk pandai membaca al-Qur’an, kalau ada umat Islam tidak bisa baca al-Qur’an, “alah karam kapanyomah,” kata Genius Umar dan Kepada walimurid Genius berpesan untuk terus memotivasi anak agar terus belajar, baik ilmu pengetauan umum, apalagi ilmu agama.

Genius berpendapat ilmu agama yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW, dapat membentengi anak dari perilaku menyimpang dan kenakalan remaja lainnya yang kian hari kian marak terjadi di tengah masyarakat.

"Selamat kepada seluruh santri yang diwisuda hari ini. Ilmu agama merupakan antisipasi kekhawatiran terhadap maraknya perilaku negatif remaja. Seperti menghisap lem, narkoba hingga tindakan kriminal lainnya," tukas Genius.

Kepala KUA Pariaman Utara, Mukhlis M, S. Ag, MA,  bersyukur atas terlaksananya wisuda akbar itu. Hal tersebut menurutnya terlaksana atas kerjasama yang baik antara guru dan para santri MDTA, di Pariaman Utara.

"Dengan wisuda ini kita berharap ada peningkatan ilmu dalam mempelajari al-Qur’an bagi para santri. Santri diharapkan punya pemahaman ilmu agama yang baik dan bacaan Alquran yang benar," kata Mukhlis. (p/amir)