BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Untuk mempermudah pendaftaran, SMS Center hadir sebagai solusi. Masyarakat tidak perlu lagi mendaftar sejak subuh di RSUD. pasien yang ingin berobat ke poliklinik bisa mengirimkan SMS ke nomor 0815 1997 0500. pasien juga harus mengetik dengan format REG#NOMOR MR#NAMA#POLI YANG DITUJU# TANGGAL BEROBAT#BPJS/UMUM. 

"Pendaftaran dapat dilakukan satu hari sebelum pelayanan mulai jam 12.00 WIB sampai jam 06.30 WIB besok hari atau dihari berobat si pasien. Kemudian, pasien akan menerima nomor registrasi dari sistem. Selanjutnya, pasien hanya perlu menunjukkan SMS balasan yang berisi nomor registrasi kepada bagian customer service atau bagian screening," ujar Dirut RSUD Adnaan WD dr. Efriza Naldi, Sp. OG, kepada tabloidbijak.com, diruang kerjanya,baru-baru ini.

Dirut RSUD Dr. Adnaan WD ini, mengingatkan, pasien yang telah mendaftar melalui SMS harus melakukan daftar ulang atau memperlihatkan SMS balasan tersebut pada waktu 07.30 sampai 10.30 WIB ditanggal pendaftaran. Tentunya dengan membawa persyaratan dan dokumen pendukung pasien. "Apabila pasien tidak melakukan daftar ulang, maka nomor registrasinya hangus dan akan diganti dengan pasien yang lain," tegasnya.

Selain itu, karena keterbatasan SDM yang dimiliki di bagian Poliklinik, apalagi di Poli Jantung dan Poli Mata, jumlah pasien yang bisa dilayani terpaksa dibatasi. Jika jumlah kuota pasien telah penuh, pasien yang masih ingin berobat, bisa mendaftar langsung seperti biasa. "Pasien yang mendaftar langsung akan menjadi pasien cadangan, apabila pasien yang mendaftar melalui SMS tidak melakukan pendaftaran ulang," terang dr. Ef.

"Mudah-mudahan, dengan adanya SMS Center ini dapat meningkatkan pelayanan pada pasien. Namun kedepan, RSUD dr. Adnaan WD akan terus berbenah dan berinovasi, dalam upaya memberikan pelayanan prima pada masyarakat yang menggunakan jasa kami," tutup dr. Ef.

“Upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di RSUD dr. Adnan WD Payakumbuh ini, kita sudah melaunching program SMS Center beberapa hari lalu. Launching SMS Center langsung dilakukan oleh Walikota Riza Falepi, turut hadir Wakil Ketua DPRD Suparman, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, Kepala OPD, Komite Medik, serta Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh, “tuturnya lagi.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, mengatakan, launching SMS Center itu merupakan langkah jitu yang ditempuh oleh RSUD. Terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Diharapkan, tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh dan mengkritik tentang kurangnya pelayanan RSUD kepada masyarakat. Terutama dalam proses pendaftaran yang banyak dilaporkan. Kalau pelayanan telah baik, tentu masyarakat akan merasa tenang dalam berobat,” kata Wako.

Ditambahkan Wako, pelayanan yang baik merupakan hak yang harus diperoleh oleh masyarakat. Dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat adalah kewajiban pihak RSUD. "Masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan tentunya ingin kesehatannya cepat kembali. Jangan sampai, pasien malah bertambah sakit dengan pelayanan buruk yang diberikan oleh pihak rumah sakit,” ujar Riza.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, Elzadaswarman mengatakan, SMS Center ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa. Apalagi, banyaknya pasien yang merasa tidak puas, terutama dalam proses pendaftaran pasien. 

“Karena banyaknya pasien yang ingin berobat, proses pendaftaran malah sudah dimulai sebelum subuh. Hal ini sering terjadi dalam pelayanan di bagian Poliklinik. Padahal layanan di poliklinik baru dimulai sekitar jam 8 pagi,” ujar Elzadaswarman.