Bupati Solok, H. Gusmal dan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin serta Sekda, Aswirman, berfhoto bersama TNI pada saat Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 dicanangkan di Arosuka, Kabupaten Solok, Rabu pagi (24/5).

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 dicanangkan di Halaman Upacara Kantor Bupati Solok di Arosuka, Kabupaten Solok, Rabu pagi (24/5). 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Danrem 032 wirabraja diwakili oleh Kasiter, Kolonel Inf. Asep Afandi, Kepala perwakilan BKKBN propinsi Sumatera Barat, Syahrudin, para Kepala OPD Sekabupaten Solok, para camat dan Walinagari yang hadir.

Ketua pelaksana acara,  Mayor Inf. Supadi AS dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh mitra kerja kami baik dari unsur pemerintah, swasta, maupun masyarakat pada pencanangan Bhakti sosial TNI KB Kesehatan tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2017 di Kabupaten Solok ini. “Terimakasih juga kepada Bapak Bupati Solok yang telah mauu menghadiri acara ini,” jelas Mayor. Inf, Sufandi. 

Disebutkan Mayor Inf. Sufandi, kegiatan pencanangan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan, merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan TNI dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas, komitmen dan dukungan TNI dan mitra kerja dalam pengelolaan dan pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), guna meningkatkan kualitas manusia. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terwujud sinergitas, kolaborasi dan berkomitmen untuk melaksanakan kebijakan dan strategi pelaksanaan program KKBPK. 

Tema pencanangan bhakti sosial TNI KB Kes Tahun 2017 tingkat Propinsi Sumatera Barat adalah melalui Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan Kita Sukseskan Program KKBPK Dalam Mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Keluarga Sehat. Disebutkan Mayor. Inf. Sufandi, sampai akhir April 2017, peserta KB baru yang dilayani sebanyak 26,37% dari target KKP sebesar 174.127 peserta yang di targetkan, “Selama pelaksanaan bhakti sosial TNI KB KES tahun 2017 ini, diharapkan dapat direalisasikan 60% dari KKP Tahun 2017.

Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan di Kabupaten Solok, kita sudah berhasil menyusun grand design pengendalian kuantitas penduduk Kabupaten Solok. “Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari adanya kerjasama dan partisipasi yang baik dari instansi, mitra kerja terkait, termasuk dari TNI. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya,” tutur H. Gusmal.  Dijelaskan Bupati, pembangunan berwawasan kependudukan adalah pembangunan yang
disesuaikan dengan potensi dan kondisi penduduk yang ada. Penduduk harus dijadikan titik sentral dalam pembangunan. “Kegiatan bhakti sosial TNI KB Kes, sangat tepat mengingat persoalan ledakan penduduk yang tidak terkendali beberapa tahun terakhir.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Syahrudin, menyebutkan bahwa program kegiatan bakti sosial ini merupakan agenda tahunan dari TNI bersama BKKBN Provinsi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan kesehatan. “Babinsa TNI sebagai tenaga penggerak dan motivator di lini lapangan, sangat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dengan adanya integrasi kegiatan yang sinergis antara BKKBN dengan TNI dan lintas sektor.

Danrem 032/ Wirabraja  yang diwakili Kasiter, Kolonel Inf. Asep Afandi menyampaikan bahwa kegiatan program bakti sosial ini merupakan wujud nyata TNI kepada masyarakat di wilayah Sumbar. “Dengan partisipasi aktif seluruh masyarakat, kita ingin mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dengan cara memberikan bantuan kepada masyarakat di daerah dibidang kesehatan. Untuk mencapai pertahanan negara yang baik harus dimulai dari pertahanan keluarga yang baik pula,” jelas Kolonel Inf. Asep Afandi.

Dirinya juga berharap semoga kegiatan ini memberikan semangat kerja bagi TNI dan satuan kerja lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas keluarga sejahtera,” sebut Kolonel Inf. Asep Afandi (wandy)