BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Semarak bulan suci ramadhan di kabupaten Lima Puluh Kota, dibentuk 8 tim untuk mengunjungi 87 mesjid, dihari pertama bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, selaku ketua I tim Safari Ramadhan  berkunjung ke Masjid Kulyatul Muslimin Tanjung Pati Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau, Sabtu (27/5) malam.

Dalam kesempatan itu Irfendi juga juga menyerahkan bantuan dana bagi Masjid Kulyatul Muslimin sebesar Rp10 juta, serta menyalurkan bantuan bagi fakir miskin dari Baznas sebesar Rp1 juta untuk dua orang warga Nagari Koto Tuo.

Pada acara safari ramadhan yang diikuti para kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) itu, sejumlah warga sempat mengadukan berbagai keluhannya. Aspirasi itu antara lain masalah irigasi pertanian dan lampu listrik penerangan.

Seperti yang disampaikan salah seorang petani bernama Afrizal (47), dia mengadukan nasib para petani yang mempunyai sawah di hamparan Sawah Bandang semakin kesulitan mendapatkan pengairan sawah. Sebab, permukaan sungai Batang Sinamar yang menjadi sumber pengairan itu semakin dangkal. 

Jika dulu pipa hisap mesin pompa kami hanya sepanjang 6 meter, sekarang terus bertambah menjadi 14 meter, tentunya sulit mendatangkan air. Hari ini, kami dapat secara langsung mengadukan nasib petani kepada bupati beserta rombongan. Mudah-mudahan dimalam yang berbahagia ini terjawab dan dapat ditindak lanjuti semua harapan kami. 

“Sulitnya mendapatkan air, dugaan Afrizal karena slang hisap pompa semakin panjang, dengan sendirinya kerja mesin pompa air irigasi juga semakin berat dan membuat biaya operasional pompa menjadi semakin tinggi. Inilah yang kami keluhkan selama ini, “ujar Afrizal.

Menyikapi kondisi itu, Bupati Irfendi meminta Dinas Pertanian segera turun melihat kondisi yang dialami petani tersebut. Sedangkan terkait dengan lampu jalan utama yang sejak sebulan belakangan tidak hidup, Bupati meminta Wali Nagari Koto Tuo segara menyampaikan surat pengaduan ke PLN yang ditembuskan kepada Bupati, tegas bupati Irfendi Arbi. (Nur Akmal)