BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Perhimpunan Tuo SilekTradisi Minangkabau, Luak Limo Puluah (Lima Puluh Kota-Payakyumbuh.Red), menggelar musyawarah daerah dalam rangka pembentukan pengurus perhimpunan tuo silek Se-Luak Limo Puluah, di aula Dinas Kesehatan, ex kantor Bupati Lama, Senin (8/5) sore.

Ikut hadir, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, camat, Walinagari, pemerhati Silek, beserta Tuo-tuo Silek Minangkabau. Pemuncak Pahimpunan Tuo Tradisi Alam Minangkabau, Rhotman S Datuak Panduko Basa.

Pandeka Sago itu mengatakan dalam musyawarah ini diharapkan dapat membangkitkan kemabali tradisi-tradisi silek di Minangkabau, khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota.  “Mudah-mudahan dalam musawarah pembentukan pengurus ini bertujuan membangkitkan kembali tradisi-tradisi silek ditengah masyarakat,”ujarnya.

Dijelaskannya, didalam tradisi silek ini bakal banyak terkandung nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang saat ini sudah tergerus seiring perkembangan zaman dan arus globalisasi. Sejak zaman dulu, Silek tidak hanya menjadi salah satu tradisi masyarakat Minangkabau, tapi juga menjadi seni olahraga bela diri yang dipercaya sangat memiliki nilai budaya yang tinggi.

“Nilai-nilai ini lah yang perlu kita gali kembali, melalui Musyawarah Pengurus perhimpunan Tuo Silek. Ibarat pepatah Minang, Mambangkik Batang Tarandam, membumikan kembali Silek tradisi sebagai salah satu tradisi budaya kita ke anak cucu,” sebut Rothman Uchok.

Senada, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutannya, mengaku sangat apresiasi kepada Tuo Silek, yang sudah berupaya membangkitkan kembali gairah Silek Tradisi di Limapuluh Kota. Menurutnya, manfaat tradisi Silek bagi anak Minang, sangat banyak bagi generasi muda.

Terutama untuk menjauhkan diri dari hal-hal negatif. Irfendi mengharapkan, seluruh unsur tokoh adat dan masyarakat, ikut serta berperan membudayakannya ke anak nagari. Jangan sampai salah satu seni budaya kita, berpindah ke daerah lain.

“Harapan kita, bersama-sama, baik unsur pemerintah dan elemen masyarakat bersatu membangkitkan kembali marwah  dan tradisi Silek Minang. Ke depan, kita ingin bagaimana Silek ini benar-benar menjadi perhatian semua pihak,” sebut Irfendi.

Dalam Musyawarah Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau, Luak Limopuluah yang berlangsung hingga pukul 17.30, terpilih sebagai Tampuak (Ketua) Pahimpunan Tuo Silek Minangkabau, Luak Limopuluah, Dt Irwandi ST, mantan Ketua KPU Limapuluh Kota.

Kesepekatan itu diambil secara aklamasi Tuo Silek Luak Limopuluah, dan disaksikan oleh pamuncak pahimpunan tuo Silek Tradisi Minangkabau, Rothman S. Dt Panduko Basa, Pandeka Sago. (Nur Akmal)