BIJAK ONLINE (Pasaman)-Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menghadiri acara peringatan hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 tingkat Kabupaten Pasaman, Rabu (3/4) bertempat di Gedung Syamsiar Thaib Lubuksikaping.

Kegiatan tersebut dihadiri, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Pasaman Ny Gusatinar Yusuf Lubis, Ketua GOW Ny Mira Atos Pratama,  dan seluruh kader PKK se Kabupaten Pasaman.

Bupati Yusuf Lubis mengucapkan selamat kepada PKK atas perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 45 dan juga kepada seluruh jajaran TP-PKK beserta seluruh kader, yang mana telah berkelanjutan membantu Pemerintah Daerah dalam memberdayakan masyarakat melalui 10 Program Pokoknya. "Kita sangat mengapresiasi seluruh kader PKK yang sangat antusias dalam pelaksanaan acara ini," kata Bupati Yusuf Lubis. 

Menurut Bupati, saat ini PKK telah terbukti mampu menjalin kerjasama dan bersinergi dengan perangkat daerah dalam bentuk pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti dalam pelaksanaan jambore dan hari Kesatuan Gerak PKK ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat kedepannya.

"Kedepan Kesatuan Gerak PKK Pasaman dapat lebih meningkatkan esistensinya di lingkungan masyarakat Pasaman," harapnya. 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman, Ny Gustinar Yusuf Lubis menyebutkan, tujuan HKG dilaksanakan untuk memasyarakatkan gerakan PKK kepada masyarakat, meningkatkan pemahaman kepada segenap jajaran dan meningkatkan motifasi dan kesadaran kepada PKK.

"Pada intinya, gerakan PKK hadir untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera, berdaya guna untuk tercapainya ketahanan keluarga," kata Ny Gustinar.

Selain itu, ia juga meminta seluruh kader PKK harus tetap bersemangat dan produktif seperti usianya kini, mengabdikan diri secara sukarelawan, guna terciptanya kesejahteraan keluarga.

"Kader PKK harus mampu menyusun rencana dengan baik, menjalankan akselerasi program gerakan PKK. Memiliki program unggulan, berinovasi mengembangkan program sesuai kebutuhan daerah," ujarnya.

Kemudian, PKK harus mengurangi kegiatan bersifat seremonial, sebab itu bukan zamannya lagi. Tim pengerak PKK harus bekerja aktif, dan juga dituntut meningkatkan pelatihan bersifat teknis yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Program PKK juga harus selaras dengan program pemerintah daerah. Program PKK juga harus mengambil andil dalam rangka mewujudkan taraf hidup keluarga yang lebih baik, sebagaimana yang tertuang dalam 10 program PKK," tutupnya. (Zan)