BIJAKONLINE (PAYAKUMBUH)---Dinas Kesehatan bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Payakumbuh, mengadakan kegiatan Gebyar program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) yang berlangsung di halaman kantor Pemerintahan Payakumbuh di Poliko, Sabtu (20/5) pagi.

Gebyar Prolanis yang mengangkat tema Sehatkan Gaya Hidup, Hidupkan Gaya Hidup Sehat diawali dengan acara senam sehat bersama serta pemeriksaan kesehatan penyakit tergolong prolanis yaitu hipertensi, gula, asma, ppok-penyakit paru-paru kronis, diabetes mellitus, berlangsung cukup meriah.

Mewakili Walikota Payakumbuh, Staf Ahli, Ruslayeti, kepada wartawan, mengatakan, kesehatan adalah modal utama dalam setiap aktifitas kehidupan. Sehat itu adalah investasi yang sangat mahal, menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap insane, agar ia bisa hidup dengan baik dan berkerja dengan baik pula dalam kesehariannya.

“Kemudian kita sangat apresiasi sekali dengan kegiatan ini, apalagi adanya pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan serta didukung oleh BPJS,” ucap  Ruslayeti.

Ditambahkan Ruslayeti, prolanis merupakan program nasional yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu oleh pemerintah. “Presiden telah mencanangkan program ini melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) beberapa waktu lalu. Untuk itu mari kita sukseskan dan ikuti agar masyarakat kita di Payakumbuh menjadi masyarakat yang sehat,”tutup Ruslayeti.

Selain dihadiri oleh unsur Dinas Kesehatan dan BPJS, sejumlah kelompok senam prolanis se Payakumbuh hadir meramaikan kegiatan ini. Prolanis secara nasional diadakan serentak di seluruh Indonesia dan dimotori oleh BPJS Kesehatan dengan dukungan Dinas Kesehatan setempat. (Nur Akmal)