BIJAK ONLINE (PADANG) – Kumpulan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Raya Padang sekarang telah memiliki wadah dengan tergabung dalam organisasi yang dinamakan Keluarga Besar Pedagang Kaki Lima (KBPKL) Kota Padang. Ketua beserta Dewan Pengurus organisasi itu pun dikukuhkan secara resmi Wakil Walikota Padang H. Emzalmi, Senin (8/5) di simpang Blok A Pasar Raya Padang.

Wakil Walikota menyampaikan, Pasar Raya Padang merupakan etalase dan pusat perdagangan terbesar di Ranah Minang sekaligus menjadi destinasi wisata belanja yang ramai dikunjungi masyarakat Sumatera Barat dan provinsi lainnya di Sumatera. 

Oleh karena itu, demi senantiasa terciptanya kondisi pasar yang kondusif dan representatif salah satu upayanya tentu, melalui pengelolaan pasar dengan sistem manajemen kebersamaan antara Pemko Padang dengan pedagang. 

“Alhamdulillah, hari ini telah dikukuhkan organisasi KBPKL Kota Padang. Kita berharap, keberadaan organisasi ini akan membantu Pemko Padang melalui Dinas Perdagangan baik dalam membina, menjaga dan menjadikan para PKL-PKL yang semakin profesional ke depan. Sehingga Pasar Raya akan semakin menggeliat selaku pusat perkonomian warga,” imbuh Emzalmi.

Menurut Emzalmi, terkait potensi yang besar dari PKL memang seharusnya didukung dengan arahan dan pembinaan. Sebagaimana tugas pemerintah daerah tidak hanya membina para pedagang saja, namun juga bagi pelaku pasar yakninya para pengunjung. 

“Selaku basis perdagangan di Kota Padang, Pasar Raya Padang 80 persen diisi dari para pengusaha kecil/PKL selaku embrionya pedagang menengah ke atas. Semoga, melalui wadah KBPKL akan semakin terorganisirnya para PKL. Sehingga menumbuhkan kesadaran kita semua untuk sama-sama menata, menertibkan dan mengembalikan kejayaan Pasar Raya Padang seperti tempo dulu,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua KBPKL Kota Padang, Idman menyebutkan berdirinya organisasi tersebut dilatarbelakangi adanya kepedulian beberapa tokoh Pasar Raya Padang yang peduli dengan kesejahteraan PKL disertai kebulatan tekad para PKL yang mendukung terjaganya ketertiban, keindahan dan kenyamanan pasar.

“Sampai saat ini lebih kurang 500 PKL sudah tergabung dalam KBPKL. Insyaallah ke depan kita akan terus mendata para PKL di Pasar Raya dan pasar lainnya untuk menjadi anggota,” sebutnya.

Kemudian Idman pun juga menyampaikan, semoga Pemko Padang dapat senantiasa memberikan pembinaan dan arahan bagi PKL. Sehingga terciptanya kerja sama dan sinergi yang baik dari kedua belah pihak ke depan.

“Insyaallah, kami semua dari KBPKL siap bekerja sama dengan Pemko, tanpa mengabaikan hak kami untuk berdagang demi membiayai kehidupan keluarga sehari-hari. Maka itu, jangan anggap kami sebagai benalu yang merusak keindahan kota, tapi anggaplah kami sebagai bibit pengusaha yang jika dibina dan ditata dengan baik tentu bisa menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Padang,” harapnya. 

Di akhir kegiatan, Wawako Emzalmi melantik sejumlah Dewan Pengurus dan menyerahkan bendera pataka kepada Idman selaku Ketua KBPKL Kota Padang terpilih. Pada kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Perdagangan Endrizal, stakeholder terkait serta lainnya. (David/Fsl/Nda/Bst)