BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Setelah kosong atau absen pada tahun 2016 menjadi terbaik di tingkat nasional, sebagai anggota Paskibraka (Penggerek bendera merah putih di istana.Red). Kini, kejayaan itu kembali diraih kota Payakumbuh lewat Ivan Aulya Kusuma, siswa SMA negeri 1 Payakumbuh.

“Lolosnya Ivan Aulya Kusuma ke tingkat nasional tahun 2017 ini, setelah pihak dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumbar menyatakan, kemaren sore Kamis (11/5), Ivan Aulya Kusuma bersama Laras Gita Salsabil dari kabupaten Tanah Datar berhak melaju ke tingkat nasional, “ujar Plt Kadis Pendidikan H.A. Agustion didampingi Kasi Pendidikan Formal dan Non Informal Syamrizal diruang kerjanya, Jum’at (12/5).

Dijelaskan Agustion, pada tahun 2015 lalu, kota Payakumbuh, hanya sampai ke tingkat Propinsi. Padahal sebelumnya, tahun 2015, kota Payakumbuh juga mendapat tiket ke tingkat nasional, lewat anak kita bernama Zainal Aziz, juga dari siswa SMA Negeri 1 Payakumbuh.

Kini, kejayaan kota Payakumbuh khususnya bidang Paskibraka yang pernah diukir siswa-siswa kita itu, kembali berkibar kepermukaan. Semua itu, berkat seriusnya PPTK, pelatih, pembina dan pengurus Purna Paskibra Indonesia (PPI), serta dukungan moral dari seluruh elemen masyarakat.

Rencana kedua calon anggota Paskibraka dari Sumatera Barat ini, bertolah ke Jakarta, diperkirakan tanggal 27 Mei. Saat ini, mereka sedang mempersiapkan berkas dan data-data ke dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi.

Sebelum anak kita lolos ke tingkat nasional, panitia menyeleksi 6 orang putra-putri se Sumatera Barat, terdiri Ival Aulya Kusuma (Payakumbuh), Muhammad Nistahul Huda (Kota Padang), Willi Akbar Ulhak (kabupaten Agam), Dea Ainul Fadila (kota Bukittinggi), Fitria Elnawati (Pariaman) dan Laras Gita Salsabila (Tanah Datar). Ke enam siswa itu dilatih selama 20 hari.

“Harapan kita kepada Ivan Aulya Kusuma, agar tetap menjadi terbaik dan dipercaya sebagai pembentang bendera merah putih diharapan Presisden RI Jokowi, sama dengan kakaknya Zainal Aziz, ketika itu Zainal Aziz ditunjuk sebagai pembentang tingkat nasional, karena sebagai pembentang adalah tempat tertinggi di Paskibraka. Kemudian, kedua mereka dapat menjaga kesehatannya, “harap A.H. Agustion.

Terpisah, bendahara PPI kota Payakumbuh, Wulan Denura, menyebutkan, dengan kembalinya nama kota Payakumbuh berkibar di tingkat nasional, khusus dibidang Paskibraka, tentu membuat semua warga menjadi bangga. Sebab, untuk melaju ke tingkat nasional, banyak hal dan rintangan dihadapi siswa.

Dengan keluarnya nama Ivan Aulya Kusuma yang berpasangan dengan Laras Gita Salsabila sebagai calon PPI, ini sangat luar biasa. Kami doakan semoga keduanya sukses dan dapat menjaga nama baik daerah. Diharapkan kepada adik-adiak selama dikarantina mengikuti latihan lebih serius lagi.
“Payakumbuh luar biasa, Insyaallah dan Alhamdulillah adik kita Ivan Auliya Kusuma, calon PPI kota Payakumbuh berangkat ke tingkat nasional berpasangan dengan Laras dari Batusangkar... Selamat buat para pembina, pelatih dan pengurus PPI, “ujar PPI kota Payakumbuh tahun 2004 itu. (Nur Akmal)