BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)--Ketua KAN Tanjuang Haro Sikabu-kabu, Padang Panjang, kecamatan Luak, Yosrizal Dt. Parmato Alam, dikukuhkan bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, sekaligus pengukuhan pengurus periode 2017-2022, bertempat di halaman kantor KAN setempat, Rabu (24/5).

Usai mengukuhkan pengurus KAN itu, bupati Irfendi Arbi, berharap organisasi niniak mamak itu menjadi jembatan hati bagi anak kemenakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Selain itu Irfendi juga mengingatkan agar para pengurus mengikuti Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi.

“Kita berharap keberadaan niniak mamak semakin dirasakan di masyarakat. Disamping itu, kita juga ingin para pengurus dan anggota KAN tampil sebagai pemimpin yang bisa menjadi teladan dan mencarikan solusi terbaik dalam setiap permasalahan,” ujar Irfendi.

Dalam kesempatan itu Irfendi juga meminta para niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai dan berbagai unsur masyarakat lainnya menjadi perekat NKRI dan kebhinekaan. Tak kalah pentingnya, mengawasi anak kemenakan bermain media sosial atau internet.

“Kendati mempunyai dampak positif, namun internet juga memiliki dampak negatif. Namun dunia maya itu merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari,” papar Irfendi.

Sementara itu, Yosrizal Dt. Parmato Alam, mengatakan, sang bupati senantiasa proaktif  melakukan berbagai upaya, agar wilayah yang terkena bencana segera pulih seperti semula, termasuk melobi bantuan hingga ke pusat. Bahkan setiap kali mendapatkan kesempatan bertemu menteri terkait, sang bupati selalu berusaha menyampaikan permohonan agar wilayah rawan bencana di daerah ini mendapatkan penanganan serius.

“Irfendi benar-benar seorang bupati yang super sibuk mengurus daerah ini. Namun, dalam kesibukan itu, Bupati tetap berusaha hadir dalam acara pengukuhan pengurus KAN Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang ini,” ulang Yosrizal yang juga anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Lebih lanjut Yosrizal memaparkan,  Irfendi seseorang yang sangat ramah dengan ciri khas selalu menebar senyum, lalu menyalami dan merangkul setiap warga yang ditemuinya. Selain itu Irfendi juga tidak pernah menolak ajakan masyarakat untuk berfoto bersama. Tak heran jika masyarakat merasa dekat dengan pemimpin yang satu ini.

“Jumlah angggota KAN Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang saat ini sebanyak 140 orang. Sedangkan kapasitas Balai Adat saat ini relatif terbatas. Menyikapi kondisi itu, pihaknya telah menganggarkan dana buat pembangunan kantor sekretariat KAN pada tahun 2018.

“Dengan jumlah anggota KAN sebanyak itu, menjadikan kapasitas balai adat sekarang tidak memadai untuk menampung seluruh anggota. Menyikapi ini, kami berencana untuk melakukan rehab balai adat tahun 2018 mendatang,” papar Yosrizal.

Ikut hadir dalam acara pengukuhan pengurus KAN itu Camat Luak Muftil Wahyudi, Muspika Luak, Wali Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang  dan berbagai elemen masyarakat Luak. (Nur Akmal)