BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)----Untuk mencapai tujuan dari Gerakan PKK adalah Program Terpadu Tim Penggerak  PKK dengan Keluarga Berencana dan Kesehatan, serta Pemberdayaan Masyarakat, bertujuan untuk peningkatan peranan wanita dalam pembangunan dengan upaya mengembangkan dan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, dan bahagia.

Demikian dikatakan ketua TP-PKK Kelurahan Payobasung Dr. Silvia Rosja Irwan, disela kesibukkannya mempersiapkan kelurahan binaannya menyambut Penilaian Tingkat Nasional, di kantor lurah setempat, Kamis (18/5).

Dijelaskan Silvia, untuk tahun ini, kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, kota Payakumbuh terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk berlaga di tingkat nasional. Selasa kemarin (16/5), kita akan dikunjungi oleh Tim Penilai Tingkat Nasional. Karenanya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

Ada tiga program unggulan yang ditampilkan Kelurahan Payobasung, yakni KB, Posyandu, dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Seperti untuk hasil capaian Peserta KB Baru dan Peserta KB Aktif. Untuk Posyandu, kegiatan yang telah dilakukan adalah memantapkan kualitas dan kuantitas melalui penyelenggaraan kegiatan setiap Minggu II. 

Selain menimbang bayi dan balita, bersama bidan dan paramedis juga melayani pengobatan sederhana. Di samping memberikan makanan tambahan  bagi bayi dan balita yang sumbernya berasal dari swadaya masyarakat dan donatur. Sementara itu, untuk PHBS telah dilaksanakan kegiatan Senam jantung Sehat setiap Rabu yang dihadiri lansia, PKK RW, PKK RT dan kelompok Dasawisma.

“Berkat kerjasama semua pihak, khususnya bimbingan dari TP PKK Kota Payakumbuh dan Badan Penyantun PKK, kami telah dapat meningkatkan derajat kesehatan, menunjang perbaikan dan taraf ekonomi masyarakat Kelurahan Payobasung. Kita siap berlaga di tingkat nasional,”terang Silvia. (Nur Akmal)