BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Lampu Penerangan Jalan di sekitar Pasar B Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, sejak 3 bulan lalu, sudah “pudur” alias mati. Lampu penerangan jalan itu dibawah kendali Pemda Padang Pariaman, sebanyak 4 titik, akibatnya pada malam hari terlihat gelap gulita di tengah-tengah pasar tersebut.

Hal itu disampaikan, salah seorang pemuka masyarakat Pasar Padang Sago, Mahyuddin dalam suatu percakapan dengan Bijak Online Jum’at (26/5/2017) di Pasar Padang Sago, dan hal ini telah disampaikan kepada Pengurus Pasar Padang Sago, tetapi tidak ada tanggapan sama sekali.

Dikatakan, sebelumnya masyarakat Padang Sago, telah pernah mencoba kepada petugas Pos Jaga Ampalu untuk memperbaiki lampu penerangan jalan yang sudah mati tersebut, “Alhamdulillah, telah baik kembali, tetapi hanya bertahan beberapa hari saja,” ujar Mahyuddin yang akrab disapa dengan Buya Mayu.

Lebih jauh disampaikan Mahyuddin, kalau masyarakat ingin perbaiki lagi, petugas Jaga PLN Ampalu, minta biaya untuk satu unit Rp. 250.000 ribu rupiah x 4, membutuhkan dana Rp. 1 juta rupiah. Karena masyarakat telah melaporkan kepada Pengurus Pasar B Padang Sago, tentu masyarakat ingin pula melihat kearfan kepala pasar tersebut.

“Satiok hari pekan (senin) Pengulu Pasar Padang Sago, selalu memungut dana dari pedagang dan termasuk kepada pemakai kios Pasar B Padang Sago, satiok bulannya, tetapi tidak jelas ujung pangkal kegunaan uang tersebut, “ ujar Mahyuddin kembali.

Petugas Pos Jaga PLN Ampalu Edi yang dihubungi secara terpisah, membenarkan telah mencoba memperbaiki lampu penerangan Jalan Pasar Padang Sago tersebut. “Benar saya sudah memperbaikinya, namun karena kwalitas lampu kurang baik, sehingga mudah rusaknya,” tutur Edi menjelaskan.

Menurut Edi, kalau masyarakat minta bantuan lagi untuk menghidupkankan, harus membayar uang lelah petugas untuk satuntitik Rp. 250 ribu  rupiah, dan ngak mungkinlah gratis terus, sementara lampu penerangan jalan yang dibawah kendali Pemda Padang Pariaman, ada dana pemeliharaan dan penggantiannya.

“Sebaiknya masyarakat melaporkan saja kondisi lampu penerangan jalan yang sudah mati ini kepada Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni  dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, hari ini dilaporkan 4 hari paling lama datang petugas untuk memperbaikinya itu,” ujar Edi optimis.

Kabag Humas Padang Pariaman, Andri Satrian Masri, SE, ME yang dihubungi melalui WA nya, mengatakan, sebelum ini lampu penerangan jalan di bawah kendali Dinas SDM Padang Pariaman, kini telah berpindah ke Kabag Perekonomian Setda Padang Pariaman, Ali Zuti, SE. “Coba saja dihubungi Kabag Perekonmian itu,” tuturnya.

Kabag Perekonomian Padang Pariaman, Ali Zuti, SE yang dihubungi melalui pesan singkat pada WA nya, berjanji akan memperbaiki. “Tunggu sajalah besok disuruh ganti sama petugas,” ujarnya singkat. (amir)