BIJAK ONliNE (LIMA PULUH KOTA)--Kepala dinas Perikanan kabupaten Lima Puluh Kota Refilza didampingi Kabid PSPPN Nelti Hafni, menyebut, setiap dinas Perikanan mengadakan lomba masak ikan, tujuan lomba antara lain untuk meningkatkan keterampilan memasak ikan.

“Seluruh daerah di Sumatera Barat, sudah mengenal potensi perikanan Kabupaten Limapuluh Kota yang relatif besar seyokyanya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan dan peningkatan gizi masyarakat, “ujar Refilza kepada tabloidbijak.com disela-sela lomba.

Lomba memasak serba ikan hendaknya dapat mendorong adanya inovasi menu masakan ikan dan mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif berbasis masakan ikan. Sekaligus memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat. Selain itu, juga buat menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan dan kandungan gizi ikan bagi kesehatan serta kecerdasan masyarakat.

“Sedangkan sasarannya adalah terciptanya keanekaragaman dan tersosialisasinya menu masakan berbahan baku ikan. Berikutnya, untuk tersosialisasinya manfaat makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, serta mendorong tumbuhnya usaha kuliner berbasis ikan, “tambah Neti Hafni.

Pada kesempatan itu, usai membuka acara Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, menyebutkan, kita memiliki potensi ikan yang besar. Kita berharap lomba memasak serba ikan ini dapat meningkatkan kreativitas warga dalam menyajikan menu makana ikan yang bergizi, beragam dan meningkatkan konsumsi ikan.

Irfendi ingin, lomba yang dilaksakan Dinas Perikanan bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Limapuluh Kota yang diketuai Ny. Monalisa Irfendi Arbi itu, tidak akan meningkatkan kreativitas kaum ibu dalam mengolah ikan dan membudayakan masakan ikan, namun juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Upaya menggugah masyarakat agar meningkatkan makan ikan ini harus terus disosialisasikan. Sebab, ikan memiliki kandungan gizi yang lengkap dan baik untuk kesehatan. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 7 tahun 2016 yang mengamanatkan untuk meningkatkan konsumsi ikan,” tutur Irfendi.

Kedepan diharapkan lomba ini, ikut menjadi ajang mempromosikan potensi keanekaragaman bahan pangan khususnya ikan di daerah ini. Dampak lanjutnya, kuliner itu dapat menjadi usaha produktif keluarga.

Untuk mewujudkan ini, Irfendi mengajak peran aktif TP PKK selaku mitra pemerintah dalam memberikan pemahanan dan keterampilan kepada masyarakat. “PKK merupakan mitra kita dalam mensukseskan program pemerintah termasuk di bidang perikanan ini,” ujar Irfendi.

Lomba masak serba ikan itu diikuti oleh TP PKK seluruh kecamatan dengan mempertandingkan menu masakan ikan Patin dan Gurami atau Nila. Turut hadir dalam acara itu ketua Forikan yang juga ketua TP PKK Ny. Monalisa Irfendi Arbi. (Nur Akmal)