PADANG – Menyambut dan memeriahkan kedatangan bulan suci Ramadhan 1438 H / 2017, Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesra menggelar Lomba Qasidah Rebana antar majelis taklim se-Kota Padang. Lomba ini diketahui, bahagian yang mengawali serentetan kegiatan “Semarak Ramadhan” di Kota Padang tahun ini.

“Qasidah Rebana merupakan seni lagu dengan syair-syairnya memiliki pesan-pesan dakwah yang mengingatkan kita kepada Allah Swt. Diantaranya dalam meningkatkan ketakwaan, keimanan serta perbaikan akhlak dan hal positif lainnya,” sebut Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo sewaktu membuka secara resmi lomba yang dilangsungkan di pelataran parkir Balaikota itu, Senin (22/5).

Mahyeldi menyebut, lagu qasidah merupakan salah satu seni yang dapat menjadi wadah dalam menyampaikan pesan kebaikan-kebaikan kepada masyarakat. Maka itu di Kota Padang, ia menginginkan kesenian tersebut dapat dilestarikan selaku salah satu media dakwah melalui seni.

"Saya masih ingat, salah satu lagu qasidah yang berjudul Selimut Putih yang sering saya dengarkan. Dan dari pesan-pesan yang ada di lirik lagu ini, memang sangat menginspirasi dan memotivasi bagaimana membawa kita untuk lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan,” ungkap walikota sembari menganjurkan masyarakat dapat memakai lagu tersebut dalam acara hajatan seperti "baralek" itu.

Tak hanya itu, tambahnya lagi, Lomba Qasidah sangat tepat diadakan untuk menyemarakkan kedatangan bulan puasa bagi umat Islam tersebut.

"Sebab, musik yang dihasilkan dari gendang, gambus dan biola tersebut juga dapat menghadirkan keceriaan dan kegembiraan tidak saja bagi peserta lomba namun juga para pendengarnya. Selain itu, juga diharapkan menghadirkan inspirasi-inspirasi bagi kita semua ke arah yang lebih baik,” tukasnya.

Seperti diketahui, dalam kegiatan Semarak Ramadhan 1438 H, Pemko Padang setelah ini juga akan melakukan serangkaian kegiatan. Diantaranya Pencanangan Pesantren Ramadhan (24/5), Pelaksanaan Pesantren Ramadhan (5-18/6), Singgah Sahur, Safari Ramadhan, Lomba MTQ Tilaqah/Tartil, Cerdas Cermat dan masih banyak lainnya. 
(David / Fsl / Ady)