BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM  menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan DPRD Kota Pariaman terhadap Laporan Kinerja Perangkat Daerah (LKPD) Kota Pariaman tahun anggaran 2016, bertempat di ruang sidang utama DPRD Kota Pariaman, Manggung, Rabu (3/5/2017).

Dalam pandangan DPRD Kota Pariaman, ada 23 rekomendasi yang disampaikan tentang pelaksanaan kinerja Pemko Pariaman di tahun 2016, yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD John Edwar dan Syafinal Akbar secara bergantian.

Salah satu rekomendasi dari DPRD Kota Pariaman adalah belum maksimalnya SOPD Pemko Pariaman, dalam memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pariaman, melalui sektor pariwisata, seperti retribusi parkir dan retribusi ke pulau angso duo, yang belum tergarap secara maksimal.

“DPRD mengharapkan agar kinerja SOPD ke depan dapat maksimal. Sehingga penyerapan anggaran, benar-benar dapat dilaksanakan sepenuhnya dan mencapai target yang diharapkan,” ujar Syafinal Akbar.

John Edwar mengatakan masih rendahnya serapan anggaran Pemko Pariaman di tahun 2016, ini dibuktikan masih ada di SOPD tertentu, serapan anggarannya ada yang dibawah 90 persen. Hal ini harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah Kota Pariaman, ucapnya.

Mukhlis Rahman menyampaikan apresiasi terhadap 23 rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD Kota Pariaman tersebut,  sejalan dengan visi dan misi Kota Pariaman. Sehingga masukan dan kritik tersebut, hendaknya dapat ditindaklanjuti oleh SOPD terkait.

“Fungsi DPRD adalah sebagai chek and balance pemerintahan. Dengan adanya rekomendasi dari DPRD,  menunjukkan DPRD Kota Pariaman telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat,” tutur Mukhlis.

Rapat Paripurna  dipimpin  Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, yang dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Pariaman, Kepala SOPD, Kepala Bank Nagari Pariaman, Kabag, Camat dan undangan lainya. (J/amir)