BIJAK ONLINE (Padang)-Nofindo dan Admi akhirnya terpilih dan dinobatkan sebagai Uda Uni Kota Padang  2017 di malam grand final Duta Wisata Uda Uni Kota Padang tahun 2017 di Hotel Kyriad Bumi Minang, Sabtu, 13 Mei 2017.

Keberhasilan pasangan itu pun dikarenakan, setelah mampu memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan dewan juri, sehingga sukses menyisihkan 14 pasang peserta lainnya dengan melalui serentetan proses penjurian yang cukup alot dan panjang.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo berharap, agenda rutin yang dihelat tiap tahun tersebut akan semakin menguatkan peran kepemudaaan dengan senantiasa terlibat bagi kemajuan Kota Padang ke depan. 

Apalagi juga seiring dalam rangka menyongsong "Bonus Demografi" setelah tahun 2020 nanti menjelang 100 tahun kemerdekaan RI. Sehingga melalui ajang pemilihan putra-putri terbaik di Ranah Bingkuang itu, diharapkan menjadi bahagian penting dalam menciptakan dan membentuk karakter generasi muda Minang yang sesungguhnya selaku calon pemimpin bangsa ke depan.

“Maka itu Uda Uni Kota Padang setidaknya harus memiliki tiga unsur pokok. Terutama memiliki jiwa kecendekiawanan atau yang disebut "cadiak pandai", kemudian “keninik mamakan” yaitunya memahami kebudayaan dan adat istiadat serta kemudian menanamkan nilai-nilai religius/spiritualisme selaku bahagian yang harus melekat dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Walikota sewaktu diwawancarai wartawan.

Walikota melanjutkan, Pemko Padang akan terus berupaya secara maksimal dalam mendorong terciptanya generasi muda yang sehat dan produktif. Di samping itu juga menekankan  tentunya akan terbebas dari bahaya narkoba, pergaulan bebas serta perilaku-perilaku menyimpang lainnya seperti salah satunya Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

“Jadi, tidak ada jalan lain selain memberikan pembekalan, penguatan dan menyediakan sarana/prasarana untuk generasi muda kita. Dan salah satunya melalui Pemilihan Uda Uni Kota Padang ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Medi Iswandi menyebutkan dalam pemilihan Uda Uni Kota Padang 2017 ini tak lepas dari upaya dalam mencari pemuda-pemudi terbaik di Kota Padang yang diharapkan bisa menjadi panutan bagi generasi muda ke depan. 

Sementara berbicara kontribusi bagi Uda-Uni Kota Padang, menurutnya sejauh ini telah melihatkan sesuatu upaya yang luar biasa dengan hampir selalu terlibat dalam menyukseskan setiap iven pemerintah daerah baik skala regional, nasional maupun internasional. 

“Alhamdulillah, Uda Uni terlihat cukup aktif menyampaikan pesan-pesan pemerintah dan sekaligus mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Kota Padang sejauh ini. Kita tentu berharap, keberadaan mereka akan terus memberikan sesuatu yang positif bagi kemajuan Padang hingga masa-masa yang akan datang,” tukasnya.

Dalam Malam grand final Pemilihan Duta Wisata Uda Uni Kota Padang tahun 2017 tersebut terlihat berlangsung sukses dan meriah. Diantaranya juga hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Asnel bersama Ketua DWP Padang, Ketua Dekranasda Padang Ny Harneli Bahar, Asisten III Corri Saidan serta para pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang dan lainnya. (David / Faisal)