BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Peningkatan kewirausahaan (menjahit pakaian.Red) bagi pemuda, jelas saja untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam menghadapai persaingan bisnis, sesuai bidang yang diminati, sekaligus memberikan fasilitas kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, ketika membuka acara pelatihan kewirausahaan yang dikemas dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Lima Puluh Kota, bertempat di aula Sago Bungsu, Tanjung Pati, Senin (15/5).

Dijelaskan bupati Irfendi Arbi, kompetisi sekarang sangat tinggi, jadi harus ada seni dan keindahan serta berani untuk berinovsi dan berdaya cipta. Rajin dan kreatif punya daya saing dari hulu hingga hilir, keyakinan serta mepunyai jiwa untuk belajar. 

“Kita berharap dengan digalakannya penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan dan keterampilan seperti ini, mampu memciptakan pemuda yang memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, sikap kerja dan siap untuk berkompetisi menghadapi persaingan lokal maupun global, yang semakin ketat baik dimasa sekarang maupun dimasa kedepan nanti, “ujar Irfendi Arbi.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Yatmiko, didampingi Kabid Pemuda Rakiman, mengatakan, adapun peserta terdiri dari 5 Kecamatan, Harau, Gunuang Omeh, Bukik Barisan, Pangkalan Koto Baru dan Kapur IX. Diikuti sebanyak 100 orang peserta.

Pelatiahan yang diadakan selama 5 hari dapat mengembangkan kewirausahaan pemuda serta sebagai motivasi pemuda untuk terjun ke dunia wirausaha, memberikan pengetahuan dan keterampilan. Kegitan ini merupakan program peningkatan upaya penumbuhan kewirausahaan dan kecakapan hidup pemuda,

“Diharapkan melalui penyelenggaraan pelatihan ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan serta meningkatkan keterampilan pemuda yang berorientasi pada pengembangan Sumber Daya Pemuda. Narasumber dari Guru SMKN 3 Payakumbuh dan penjahit di Lima Puluh Kota. Materi pelatihan menjahit pakaian sekolah seragam SD, “tambah Rakiman. (Nur Akmal)