BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Padang Pariaman, adakan acara Muzakarah Ulama Syatariyah, tentang Ru’yatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan 1438 H. Acara akan dilaksanakan Sabtu (20/5/2017) di Pondok Pesantren darul Ikhlas Pakandangan.

Hal itu disamapaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Padang Pariaman, Drs. H. Masrican Tk. Marajo Basa kepada Bijak Online Jum’at (19/5/2017) di Mesjid Raya Kampung Baru, sudah shalat maqrib.

Dikatakan, dlam rangka memasuki Bulan Suci Ramadhan 1438 H, karena selama ini di Kabupaten Padang Pariaman, dalam rangka untuk menetapkan tanggal 1 Ramdhan, sering terjadi berbeda pendapat  dalam memahami awal Ramadhan tersebut.

Menurut rencana sesuai dengan undangan akan hadir dalam Muzakarah Ulama Syatariyah itu, Buya H. Ismael Tk. Mudo, Pimpinan Pondok Pesantren Koto Tuo, Bukittinggi, Buya, H. Sa’ali Tk. Mudo dari Pilubang Sungai Limau, Buya Azwar Tk. Sidi, Pimpinan Ponpes Jamiatul Mukminin, Sintuk Toboh Gadang.

Selain itu juga akan hadir Ketua MUI Kabupaten Padang Pariaman, Buya. H. Syofyan M Tk. Bandaro yang juga Pimpinan Pondok Pesantren  Miftahul Huda Tandikat, Kecamatan Patamuan. Diperkirakan kegiatan ini akan dihadiri 40 orang ulama Syatariyah Kabupaten Padang Pariaman. 

Masrican berharap acara ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar, serta membuahkan hasil kesepakatan dan kesepahaman tentang pentuan awal Ramadhan 1438 H. Kepada peserta diharapkan hadir 15 menit sebelum acara dimulai. “Insha Allah akan ada penggantian uang transportasi peserta,” ujar Mantan Kamenag Kabupaten Padang Pariaman ini. (amir)