BIJAK PNLINE (PAYAKUMBUH)-Menjelang bulan Ramadhan 1438 H, Polres Payakumbuh dan dinas Perhubungan gelar Operasi Patuh 2017. Sebelum operasi patuh tersebut dilaksanakan, diawali dengan Gelar Pasukan Ops Patuh 2017  di lapangan apel Polres setempat, Selasa (2/5).

Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, kemarin, mengatakan, gelar Pasukan Ops Patuh 2017 dalam rangka revitalisasi penerapan kawasan tertib lantas, guna mencipatakan lokasi penggal jalan yang tertib marka, rambu parkir serta pengguna jalan untuk mencipatakan kamseltibcar lantas.

Operasi Patuh 2017 ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sebagai upaya menciptakan situasi lalu lintas yang kondusif.

Ditekankan Kapolres, untuk menghadapi Operasi Patuh 2017 yang secara resmi akan dimulai tanggal 9 Mei 2017 ini, masyarakat diminta untuk mematuhi aturan berlalulintas. Selain diminta untuk melengkapi surat-surat kendaraannya.

Kendaraan yang dibawa juga harus syarat layak seperti memiliki kaca spion, lampu sain dan menghidupakn lampu siang hari bagi kendaraan roda dua. Sehingga semua masyarakat patuh berlalulintas, tentu akan mengurangi terjadi pelanggaran lalulintas dan aman dalam berkendara.

“Bagi pelanggar aturan lalulintas yang terjaring dalam Operasi Patuh seperti tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraannya dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) serta tidak memakai helm, akan dikenakan sanksi tilang,”tegas Kapolres.

Terpisah, Kadis Perhubungan Payakumbuh Adrian didampingi Kabid Lalu Lintas Joni Parlin, mengatakan, dalam operasi patuh 2017 ini akan diadakan survei penumpang angkutan umum. Keselamatan dan kenyamanan angkutan umum mutlak dicapai sebagai sarana mewujudkan kualitas layanan masyarakat yang baik. 

Razia ini terfokus pada pemeriksaan perizinan dan kelayakan jalan bagi angkutan penumpang umum dan disertai pemeriksaan perizinan untuk angkutan barang. Diharapkan dengan adanya razia ini, sopir dan armada angkutan umum akan lebih bertanggung jawab atas keselamatan penumpangnya  

“Persiapan menghadapi operasi patuh 2017 itu sudah dilaksanakan dengan memasang 2 buah tenda di kawan jalan raya di Pakan Senayan Payakumbuh Barat. Kita harapkan selama operasi dilaksanakan berjalan dengan baik, “tambah Parlin. (Nur Akmal)