BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Pelaksanaan Shalat Tarwih malam perdana 1438 H, di Mesjid Raya Kampung Baru, Pariaman Tengah Kota Pariaman, jema’ah padati mesjid sampai ke teras. Terlihat  hadir ikut shalat Tarwih, Ketua DPRD Kota Pariaman, Drs. H. Mardison Mahyuddin, MM, Jum’at (26/5/2017).

Pengurus Mesjid Raya Kampung Baru, Rasyid, SE, MM, dalam laporannya, mengatakan, selama bulan Ramadhan 1438 H, berbagai kegitan keagamaan, selain melaksanakan shalat berjema’ah, setiap waktu, juga ada ceramah agama, antara shalat Isya dengan shalat sunat Tarawih. Kemudian cermah setelah shalat subuh dan jelang shalat zuhur.

Dikatakan, selain itu setelah shalat tarawih juga diadakan tadarus al-Qur’an, sampai jam 10 malam. Disamping itu, mesjid juga diisi dengan pelaksanaan Pesantren Kilat SMKN 2 Kota Pariaman. “Tujuan dari semua kegiatan yang dilaksanakan, untuk menyemarakan syiarnya bulan Ramadhan, sekaligus untuk meningkatkan iman dan Taqwa, kita kepada Allah SWT,” ujar Rasyid.

Lebih jauh disampaikan, untuk kenyamanan jema’ah dalam melaksanakan ibdah, pengurus juga berencana akan memasang ac pendingin sebanyak 11 buah, karena selama ini  kipas angin yang telah dipasang setiap tiang mesjid belum mampu, sebagai pendingin, sehingga masih terasa panas oleh jema’ah, akibatnya bisa mengurangi kekhusukan dalam beribadah.

Pada sisi lain Rasyid, juga menghimbau jema’ah, untuk selalu mewaspadi kendaraannya, terutama pemilik kendaraan roda dua, pasti selalu terkunci dan diletakan secara teratur dalam halam mesjid, supaya dapat mengantisipasi terjadinya kehilangan yang pada bulan puasa lalu ada kendaraan jema’ah yang dilarikan maling dan termasuk pada hari-hari biasa.

“Alhamdulillah, pada bulan puasa ini, konon Pemko Pariaman, menurunkan pengaman anggota Polisi Pamong Praja (Pol. PP) kepada setiap mesjdi 2 orang dan termasuk kepolisiaan juga akan turun memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang melaksanakan shalat tarawih pada mesjid-mesjid, termasuk mesjid Raya Kampung Baru,” tukuk Rasyid.

Rasyid juga mengatakan, pengurus mesjid juga membuka pintu kepada jema’ah untuk memberikan infak, sedekah dan zakat, termasuk masyarakat Desa Kampung Baru, baik yang ada di kampung atau yang berdomisi di perantauan. 

“Karena bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah bagi umat Islam, dimana nilai dan ilmbalan pahala pada sisi Allah SWT, jauh berlipat ganda dibandingkan dengan hari-hari biasa,” tukasnya lagi. (amir)