BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)-Mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Partai Keadilan Sejahrera (PKS) periode 2009-2014, Tri Venindra, keok di ajang pemilihan ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), pada Musyawarah Olahraga Kota Luar Biasa (Musorlub), di Aula Hotel Mangkuto, Kamis, 4 Mei, 2017. 
                                                                                     
“Awalnya, banyak para olahragawan dan pemerhati cabang olahraga (Cabor) memprediksi jabatan ketua akan dipegang Tri Venindra, karena jauh sebelumnya Tri sudah melakukan lobi-lobi dengan beberapa cabor yang mempunyai hak suara. Begitu juga sebaliknya, beberapa pejabat Pemko yang menjabat menjadi ketua Cabor diinformasikan akan mengasihkan suaranya kepada Tri Venindra,”ujar ketua tekniksi tinju Suparman (64) kepada sejumlah wartawan usai Musorkotlub.

Ternyata dalam Musorkotlub ini, Tri Venindra dari Cabor PSSI itu dapat "dilumpuhkan" rivalnya Yusra Maiza panggilan Sura pada putaran kedua, setelah Sura mengantongi suara sebanyak 16 suara, sedang Tri memperoleh 14 suara, 1 suara dari Cabor panjat tebing absen. 

Musorkotlub yang penuh dramatis ini, diacungkan jempol oleh banyak pihak dengan terlaksananya dua putaran dengan hak suara sebanyak 31. Pada putaran pertama, menampilkan 3 kandidat yakni H. Tito Idroes memperoleh 9 suara, Tri dan Sura sama-sama mengantongi 11 suara. Oleh sebab itulah dilakukan dua putaran. Al hasil dimenangkan Sura dari cabor IPSI.

Buah kesuksesan Musorkotlub KONI Payakumbuh, dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dan sambutan dari ketua KONi Propinsi Sumatera Barat Syaiful itu, diharapkan benar-benar membawa perubahan kea rah yang lebih baik lagi. Kemudian juga diharapkan dalam strukturnya ditambah lagi bidangnya yakni bidang perencanaan. Karena tanpa perencanaan organisasi sulit untuk maju.

“Karena Musorkotlub KONI sudah berahir, tentunya tidak ada lagi pro dan kontra, semuanya harus pro dan legowo menerima kemenangan Sura. Kalah maupun tumbang dalam Musorkotlub, itu hal biasa.  Khusus Cabor tinju mengucapkan selamat kepada Suro dan terima kasih kepada Tito dan Tri yang telah berpartisipasi untuk maju sebagai kandidat KONI,”ujar peraih banyak mendali cabor tinju itu.

Sementara itu, ketua terpilih  Yusra Maiza mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, dan pengurus cabang olahraga yang telah memberikan amanah kepadanya, untuk memimpin KONI Payakumbuh.

“Pada intinya, saya sangat berkomitmen untuk memajukan prestasi olahraga kota Batiah, “Saya bertekad akan mengangkat derajat dan prestasi olahraga yang pernah jaya mengharumkan nama kota Payakumbuh. Terhadap saran, ditambah struktur perencanaan akan saya pertimbangkan dengan pengurus, perencanaan tentunya sangat dibutuhkan, “tegas Sura.

Wakil ketua KONI Sumbar, Aldi Yunaidi memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus KONI Payakumbuh dan cabang olahraga yang telah berhasil melaksanakan Musorkotlub dengan sukses dan berjalan tertib.

“Kami harapkan KONI Payakumbuh mampu meningkatkan prestasi olahraga yang lebih baik untuk mengharumkan nama daerah. Ia juga mengingatkan di dalam olahraga jangan ada kepentingan politik dan membuat pengurus jadi terkotak. Untuk itu, mari dukung ketua umum terpilih dalam melaksanakan tugasnya serta memberikan nama baik dalam dunia olahraga, “harap Aldi.

Sementara salah seorang kandidat yang “keok” di KONI Tri Venindra, terkait pasca Musorkotlub belum berhasilkan dihubungi. Bahkan, setelah ditelpon ke HPnya Nomor 081266951XX tidak dangkat dan ketika di SMS juga belum dibalas. (Nur Akmal)