BIJAK ONLINE (PASAMAN)-Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengajak semua lapisan masyarakat di daerah itu agar terus meningkatkan nilai-nilai keagamaan. Karena hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Pemkab Pasaman saat ini.

"Masyarakat harus berperan aktif meningkatkan nilai-nilai agama, karena visi dan misi Pemkab Pasaman saat ini adalah menjadikan masyarakat yang sejahtera, agamais dan berbudaya," kata Wabup,  Atos Pratama saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XI tahun 2017 tingkat Kecamatan Tigo Nagari, Rabu 10 Mei 2017.    

Menurutnya, dalam kegiatan keagamaan ini, Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan perhatian khusus karena telah menyediakan anggaran yang besar yang telah dianggarkan di APBD Kabupaten Pasaman tahun 2017.

Anggaran kegiatan keagamaan yang telah kita anggarkan saat ini seperti pembinaan bagi guru TPQ, TPSQ dan MDA, anggaran didikan subuh, pembinaan dan pelatihan pengurus mesjid serta kegiatan keagamaan lainnya," ucap Wabup.

Dia juga mengatakan penyelenggaraan MTQ ini juga salah satu wadah untuk memacu semangat peserta dalam pengembangan agama islam ditengah masyarakat.

Disamping itu, sekaligus mengetahui sejauh mana upaya kita dalam mendidik anak-anak kita dalam membina mereka untuk mempelajari dan memahami ayat suci Al quran," tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, lomba MTQ ini juga bertujuan untuk memusatkan perhatian pembangunan mental spritual atau moral peserta.

"Semoga MTQ yang diselenggarakan di tiap-tiap kecamatan di Pasaman inidapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang dimiliki oleh tiap-tiap kecamatan," harapnya. (Fauzan]