BIJAK ONLINE (Dharasraya)-Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan warga Kenagarian (Desa)IV Koto Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya menggelar pawai budaya dan keagamaan, dari mulai pawai obor hingga pertunjukan kesenian randai dipentaskan di kawasan Pasar Baru Pulau Punjung, Kamis malam (25/05).

Pawai obor yang diikuti oleh ratusan anak-anak hingga orang dewasa ini mengitari kawasan yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Dharmasraya. Suasana religi sangat kentara seiring dengan ucapan shalawat dan puja-puji kepada Allah SWT dan Rasulullah meluncur dari peserta kirab obor tersebut.

Masyarakat yang terdiri tua muda, kecil dan dewasa tumpah ruah berdiri di pinggir jalan menonton pawai yang menggabungkan instrument agama dan budaya Minang Kabau.  Dalam tahun ini kegiatan tersebut dikemas sangat meriah.

Usai pergelaran pawai tersebut, warga disuguhkan dengan pertunjukan kesenian Randai yang ditampilkan di komplek Pasar Baru, Pulau Punjung. Pergelaran budaya dan keagamaan ini merupakan gaagsan menomental dari pemerintahan Nagari IV Koto Pulau Punjung dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

David Iskan, Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung menyebut bahwa pergelaran budaya tersebut merupakan kegiatan untuk menyambut bulan Ramadhan dengan tujuan tidak sekedar memberikan hiburan tapi lebih kepada luapan kegembiraan datangnya bulan Ramadhan yang hanya tinggal dalam hitungan hari.

“Ini adalah bentuk partisipasi masyarakat dalam menyambut bulan puasa, kita mengemasnya dalam dua nuansa yaitu budaya dan agama,”tutur David Iskan.

Selain itu, katanya penggabungan dua instrument tersebut bertujuan agar masyarakat Minang tidak lupa dengan budayanya sendiri seiring perkembangan zaman dan tekhnologi yang cukup pesat.
Sehingga, katanya meski modrenitas tersebut telah merasuk dalam sendi-sendi kehidupan tapi agama dan budaya yang telah tumbuh dalam sanubari masyarakat dapat menangkal pengaruh negative tersebut.

“Sebagai aparatur pemerintahan kita mengingatkan warga agar tidak lupa dengan kesenian dan budaya daerah kita, khususnya pada generasi muda,”tambah dia.

Wakil ketua DPRD Dharmasraya Ampera Datuak Labuan Basa mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap pawai obor dan pertunjukan kesenian tersebut menjadi agenda tahunan menjelang bulan suci Ramadhan. Dia turut hadir dan menonton kirab budaya yang baru kali ini dikemas secara apik oleh pemerintahan Nagari IV Koto Pulau Punjung.

“Kita sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap kegaiatn semacam ini, ini kegiatan yang sangat positif, dan kita berharap kegiatan ini diadakan setiap tahun,”kata politisi Nasdem tersebut.(dha1)