BIJAK ONLINE (Kota Pariaman) Wakil Wali Kota Pariaman, Dr.H. Genius Umar, S.Sos, M.Si, mengatakan hama tupai merupakan musuh buah tanaman masyarakat, mulai dari buah kelapa sampai kepada manggis dan durian selalu dicoba tupai, sehingga kalau sudah dicoba tupai disebutlah durian taguak tupai.

Demikian disampaikan, Genius Umar, ketika meninjau masyarakat mengadakan Lomba Buru Tupai dalam upaya memberantas hama tanaman yang diadakan di Desa Batang Tajongkek Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Selasa (16/5/2017).

Dikatakan, pemberantasan hama tupai, perlu dilakukan secara rutin, sehingga bisa mengurangi,ancaman terhadap tanaman mayarakat yang selalu digerayangi hama tupai, akibatnya dapat mengurangi kepada pendapatan petani. 

Pada kesempatan itu Genius Umar, sempat mencoba menggunakan senapan penembak tupai, berburu tupai juga bisa disebut dengan olahraga menembak dan sekalian untuk menjalin silaturahmin sesama pencandu menembak tupai. “Saya senang juga menembak dengan senapan maacam ini,” ujar Genius.

Menurut Genius, berburu tupai harus kita kembangkan, karena dapat membantu para petani dalam mengatasi hama tanaman dan meningkatkan hasil produksi dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Genius ketika berbincang-bincang dengan peserta lomba buru tupai.
Genius Umar menyampaikan, kepada Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan, Kota Pariaman, Ir. Agustratman, agar upaya pengendalian dan pemberantasan hama tupai di Kota Pariaman itu terus dilakukan agar sebarannya tidak semakin meluas.

Lomba di ikuti oleh persatuan Perbakin Kota Pariaman dan dari Kota Padang Panjang yang merupakan pencinta olahraga buru tupai ini. Kurang lebih, seluruh hasil perburuan para peserta mampu mengumpulkan 300 ekor tupai dari hasil buruannya yang selama ini selalu mengganggu dan meresahkan para petani yang berada disekitar lokasi perburuan.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Pariaman Agusriatman mengatakan,  kegiatan Lomba Buru Tupai dalam upaya memberantas hama tanaman,sudah direncanakan jauh hari sebelumnya.

Turut hadir dalam lomba ini Camat Pariaman Selatan, Adi Junaidi, Kabid. Tanaman Pangan Marlina Sepa, Kepala Desa Batang Tajongkek dan Pemuka Masyarakat setempat, Ketua KTNA Pariaman Selatan, Kepala UPT BPP dan PPL se-Kecamatan Pariaman Selatan. (p/amir)