BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Meskipun kalah dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Februari 2017 lalu. Namun, H. Suwandel Muchtar (Wawako Payakumbuh. Red), tetap semangat dan masuk kantor, hingga masa jabatannya habis 23 September 2017 mendatang. 

Salah satu bukti tetap semangatnya Suwandel Muchtar masuk kantor dan rajin bersilaturahmi, ketika dia menjadi Inspektur upacara hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Kota Payakumbuh Tahun 2017 diperingati dengan Upacara pengibaran bendera merah putih yang dipusatkan di Lapangan SMA 2 Bukit Sitabur Air Tabit Payakumbuh Timur, Selasa (2/5). Sekaligus membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa dan piagam penghargaan kepada Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Siswa berprestasi. Untuk Guru berprestasi tingkat Kota Payakumbuh diraih oleh Afni Filda M, S.Pd (SDN 31 Payakumbuh), Nelfita, S.Pd (SDN 28 Payakumbuh), dan Tumiar, S.Pd (SD Pius). Untuk tingkat SMP diraih oleh Yunia Irianti, S.Pd (SMPN 1 Payakumbuh), Rahmadeni, S.Pd (SMP Fidelis), dan Yenni Yunita, S.Sn, M.Pd (SMPN 4 Payakumbuh).

Kepala Sekolah berprestasi tingkat SD diraih oleh Syufriati, S.Pd, M.Pd (SDN 11 Payakumbuh), Muharni, S.Pd (SDN 63 Payakumbuh), dan Zilhusni, S.Pd (SDN 45 Payakumbuh). Untuk tingkat SMP diraih oleh Defi Marlita, S.Pd, M.Pd (SMPN 4 Payakumbuh), Mardiyus, M.Pd (SMPN 3 Payakumbuh), dan Zulfadjri, S.Pd (SMPN 9 Payakumbuh).

Selain itu, Toko Bunda dan Bunda Motor Payakumbuh juga ikut memberikan beasiswa bagi siswa di Kota Payakumbuh dan Kab. Lima Puluh Kota. Dengan jumlah santunan sebanyak Rp. 27 juta. Untuk Kota Payakumbuh, Toko Bunda dan Bunda Motor menyantuni 20 siswa SD, 10 siswa SMP, dan 6 siswa SMA.

Untuk Pengawas Sekolah berprestasi, tingkat SD diterima oleh Refmayeti, S.Ag, Dalperef, S.Pd, dan Dra. Englia Erfi. Sedangkan untuk tingkat SMP diraih oleh Armi, M.Pd, Irmatati, M.Pd dan Refrizal Syam, S.Pd Kons.

Upacara berlangsung khidmad, sukses dan lancar itu diikuti seluruh pelajar se-kota Payakumbuh dari Tingkat SD hingga SLTA, Majlis guru dan dihadiri unsur Forkopimda Kota Payakumbuh. Turut hadir Sekdako Benni Warlis, Asisten I Yoherman, Asisten II Amriul, Asisten III Iqbal, Kadisdik Hasan Basri Sy, Pimpinan SKPD, Camat, Kepala Sekolah dan undangan lainnya.

Dalam amanat Mendikbud, Hari Pendidikan Nasional dirayakan sebagai hari kesadaran dan perjuangan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. “Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan,” sebut Wawako

Ditambahkan, secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara. Namun, secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama.

“Mulai hari ini, kita harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan juga urusan kita dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua,” ujar Suwandel. (Nur Akmal)