BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)–-Akhir-akhir ini, peredaran narkoba di Payakumbuh dinilai banyak pihak semakin menjadi-jadi. Buktinya, beberapa hari lalu, tersangka narkoba berikut barang buktinya berhasil diamankan Polresta Payakumbuh dan Polsekta Payakumbuh.

“Untuk mengantisipasi, supaya tidak merebak ke tengah masyarakat, khususnya di kelurahan Balai Jariang, kecamatan Payakumbuh Timur, semuanya tentu ada resepnya, dengan bekerja serius dan membaca situasi yang berkembang, dengan melibatkan seluruh stakeholder, “ujar Lurah Balai Jariang, Payakumbuh Timur Allan Pernama Erianto kepada tabloidbijak.com diruang kerjanya, Jum’at (9/6).

Sebagai Lurah, yang baru saja dilantik (5/6) lalu oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, kami bersama stakeholder, utamanya, Karang Taruna LPM, tokoh masyarakat dan lainnya, sepakat dan bertekad untuk menyalakan peningkatan keamanan dengan mengaktifkan kembali pos ronda malam.

“Agar tempat ronda tersebut efektif di kelurahan Balai Jaring, kamipun juga melibatkan Babinsa, Bhabin Kantibmas dan tokoh masyarakat lainnya yang berada di kelurahan ini. Tujuannya supaya masyarakat di kelurahan ini menjadi kelurahan yang aman dan nyaman serta bebas dari narkoba, “ujar. Allan.

Selain itu, papar Allan, kami juga telah melakukan pendekatan kepada masyarakat tanpa membedakan kondisi sosial masyarakat, begitu juga dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Intinya, jika semua persyaratan administasi lengkap, urusan permintaan surat-surat di kelurahan ini pasti kami permudah dan cepat.

Semua urusan di kelurahan ini tidak mengeluarkan uang sesenpun, yang penting segala persyaratan yang diminta lengkap. Kemudian, kami akan mencoba lagi memberikan pelayanan mudah dan cepat dengan sitem jemput bola. 

Setelah itu, ada lagi yang terpikir bagi kami. Untuk memajukan kelurahan Balai Jaring ini, juga akan menciptakan terobosan baru tanpa meninggalkan adat istiadat di Minangkabau. Minang Kabau yang terkenal dengan adatnya yang kuat dari zaman dahulu sampai sekarang dengan semboyan adat. “Adaik Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah”.

Nah, berbicara soal banyaknya kasus kemalingan yang terjadi saat ini, narkoba, kenakalan remaja, tawuran pelajar, petasan dan segala macamnya, Allan berjanji akan berkoordinasi dengan Babinsa, Bhabin Kantibmas, Karang Taruna, LPM dan masyarakat lainnya untuk mengaktifkan kembali ronda malam di kelurahan ini.

Saat ini, zaman sudah canggih, semua masyarakat pada umumnya sudah banyak yang memiliki smartphone, untuk itu kami akan menciptakan sebuah aplikasi website kelurahan yang berguna untuk laporan kontrol sosial masyarakat begitu juga membuat group sosial kelurahan seperti aplikasi Whats App (WA) yang sudah tren saat ini.

“Untuk itu, bersama Karang Taruna, LPM dan tokoh masyarakat lainnya, kami bertekad menjadikan kelurahan Balai Jaring menjadi kelurahan yang aktif dan membuahkan hasil kelurahan yang berprestasi di kota Payakumbuh,”sebut Allan optimis.

Sementara itu, Sekretaris Karang Taruna Balai Jaring Tantio Cipta Adi, secara kebetulan berada diruang Lurah, dia mengatakan, selama ini kami jarang berkomunikasi dengan pihak kelurahan dan kami berharap kepada Lurah yang baru memimpin kelurahan Balai Jaring ini, jangan ada miss komunikasi, sehingga program kerja tidak lagi minim. 

“Kami dari Karang Taruna juga berencana untuk membuat group WA Forum Kelurahan Balai Jariang, yang mana nanti berisikan seluruh komponen kelurahan, mulai dari perangkat kelurahan, LPM, RT, RW, Karang Taruna dan tokoh masyarakat di kelurahan Balai Jariang, “ujar Tantio. (Nura)