BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, mendukung penuh alek pacu kuda digelar anak nagari Koto nan Gadang, kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu-Senin (2-3/7) besok, diyakini pacu kuda Lebaran Cup tersebut sukses. Pasalnya, pacu kuda kali ini diikuti sebanyak 76 ekor kuda ternama dari berbagai daerah.

“Pacu kuda Lebaran Cup ini, sangat besar artinya bagi masyarakat Luak Limopuluah (Lima Puluh Kota dan kota Payakumbuh.Red), karena pada kesempatan inilah para perantau bisa membawa anggota keluarganya melihat pacu kuda di tanah kelahirannya, “ujar Irfendi Arbi kepada tabloidbijak.com di rumah dinas Labuah Basilang, Jum’at (30/6).

Momen pacu kuda usai lebaran yang digelar anak nagari Koto nan Gadang dan anak nagari Tiakar Payakumbuh Timur itu sangat tepat. Sebab, para perantau sekali-sekali pulang kampung. Untuk itu apresiasi buat panitia yang telah menyuguhkan hiburan buat perantau khususnya dan buat warga Sumatera Barat pada umumnya.

Selain memberikan hiburan kepada rakyat, alek pacu kuda di Kubu Gadang ini menjadi bahan evaluasi bagi kita bersama, seperti kondisi gelanggang yang sudah dimakan usia, tentunya perlu pembenahan supaya seluruh penonton nyaman saat menyaksikan kuda berpacu. 

“Sebaliknya, kami harapkan kepada panitia, agar mengatur para pedagang sedemikian rupa, supaya para penonton benar-benar dapat menikmati jalannya pacu kuda sampai selesai. Pacu kuda Lebaran Cup ini banyak yang hikmahnya bagi masyarakat luas, selain memberikan hiburan juga dapat mendongkrak ekonomi para pedagang, “ujar Irfendi Arbi. 

Ketua panitia pelaksana Wal Asri Dt. Paduko nan Sati (51) kepada tabloidbijak.com di gelanggang Kubu Gadang, Jum’at (30/6) disela-sela kesibukannya menghadapi alek tersebut, menyebutkan, pacu kuda lebaran cup ini diyakini sukses, karena jauh hari panitia sudah mengontak para perantau, baik perantau dari Jakarta, Batam, Bandung, Kalimantan, Sulewesi, Riau maupun dari daerah lain.

Begitu juga, panitia juga telah menghubungi para pengemar pacu kuda se Sumatera Barat, para pengemar pacu kuda pada umumnya, bakal mensukseskannya. Benar apa yang disampaikan bapak bupati, kali ini diikuti sebanyak 76 ekor kuda.

“Kuda-kuda ternama jarak 1.800 meter pada Debi Devisi I itu diantaranya Virgo Star, Digo Sirkuit, Delima Kuin. Sedangkan pada Lebaran Cup diikuti sebanyak 7 ekor kuda diantaranya Humaira, Yara Plas, Ratu Kandi dan kuda ternama lainnya, “ujarnya. (Nura)